Trump Pecat Menlu AS

Trump Pecat Menlu AS Presiden AS Donald Trump (Foto: Daily Mail)

Covesia.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Selasa (13/3/2018), mengumumkan pemecatan menteri luar negeri Rex Tillerson dan menunjuk direktur Central Intelligence Agency (CIA) saat ini Mike Pompeo sebagai penggantinya.

Seorang pejabat senior AS mengatakan Trump ingin merombak timnya menjelang pembicaraan dengan Korea Utara.

“Mike Pompeo, direktur CIA, akan menjadi menteri luar negeri baru kita. Dia akan bekerja dengan luar biasa!” cuit Trump.

“Terima kasih Rex Tillerson atas pelayanan Anda!” imbuhnya.

Presiden Amerika Serikat (AS) itu juga mengumumkan pengangkatan Gina Haspel, seorang pejabat intelijen, sebagai direktur CIA -- perempuan pertama yang menempati jabatan tersebut.

Trump menyebut Pompeo, mantan perwira militer AS sekaligus anggota kongres yang memimpin CIA selama hampir 14 bulan, “orang yang tepat untuk jabatan tersebut di masa kritis ini.”

“Dia akan melanjutkan program kami untuk membangun kembali posisi Amerika di dunia, memperkuat aliansi kami, menghadapi lawan-lawan kami, dan mengupayakan denuklirisasi semenanjung Korea,” imbuh Trump.

Perombakan dilakukan beberapa hari setelah pengumuman mengejutkan mengenai rencana pertemuan antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang tanggal dan rinciannya belum ditentukan.

(AFP/utr)

Berita Terkait

Baca Juga