Tillerson Tak Tahu Alasan Dipecat Donald Trump dari Menlu

Tillerson Tak Tahu Alasan Dipecat Donald Trump dari Menlu Rex Tillerson

Covesia.com - Menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson tidak berbicara dengan Presiden Donald Trump sebelum dia dipecat, Selasa (13/03), dan tidak diberi tahu alasan pemecatannya, kata seorang pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri.

“Menteri luar negeri tidak berbicara dengan presiden pagi ini dan tidak mengetahui alasannya, tapi dia bersyukur atas kesempatan untuk mengabdikan diri (bagi negara), dan sangat meyakini bahwa pelayanan publik adalah panggilan mulia dan tidak untuk disesali,” kata pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Negeri Steve Goldstein.

Tillerson tiba di Washington pada Selasa dini hari setelah berkunjung ke negara-negara Afrika dan beberapa jam kemudian Trump tiba-tiba mengumumkan di Twitter bahwa dia akan digantikan oleh direktur CIA Mike Pompeo.

“Semoga menteri luar negeri baru Pompeo sukses,” imbuh Goldstein, pejabat tinggi urusan publik dan diplomasi publik, dalam serangkaian cuitan dari akun resminya.

“Menteri (Tillerson) berharap dapat terus menjabat karena kemajuan nyata yang dibuat dalam masalah keamanan nasional yang kritis. Dia membangun dan memiliki hubungan baik dengan rekan sesama menteri luar negeri,” katanya.

“Menteri akan merindukan rekan-rekannya di Kementerian Luar Negeri dan senang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan dalam hubungan yang luar biasa erat,” imbuhnya, merujuk kepada hubungan dekat Tillerson dengan Menteri Pertahanan James Mattis.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga