Bunga Reflesia Jenis Tuan Mudae Mekar Sempurna di Maninjau

Bunga Reflesia Jenis Tuan Mudae Mekar Sempurna di Maninjau Penampakan bungan Raflesia yang mekar di Hutan Lindung Maninjau (Foto: BKSDA)

Covesia.com - Bunga Raflesia jenis Tuan-mudae di Hutan Cagar Alam Maninjau jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali mekar.

Kasi wilayah 1 Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Khairi Ramadhan melalui  Pengendali Ekosistem Hutan  Resor Agam, Ade Putra mengatakan, saat ini bunga jenis Langka itundalam kondisi sudah mekar sempurna di hari ketiga.

"Raflesia mekar sempurna selama tujuh sampai 10 hari hari ininsudah memasuki hari ketiga," ujarnya saat di konfirmasi, Covesia.com, usai mengunjungi bunga tersebut, Selasa, (13/3/2018).

Dijelaskan Ade Putra, Bunga Raflesia tuan-mudae yang sedang mekar tersebut berkelamin jantan, ia memiliki lima kelompok dan berdiameter 84,8 centimeter, "Setelah masa mekar, kelopak bunga tersebut akan mulai menua berwarna  berwarna hitam kemudian membusuk," lanjutnya.

Sebelumnya, bunga tersebut pertama sekali ditemukan oleh salah seorang warga jorong Marambuang, ketika hendak memeriksa sumber air bersih di sekitar lokasi, pertengahan September 2017. Selain itu lokasi ditemukannya bunga bangkai itu merupakan kawasan konflik harimau yang terjadi awal 2017 yang lalu, sehingga lokasi bunga tidak dibuka untuk umum.

Saat ini dilokasi tersebut masih ada 43 kuncup bunga raflesia yang dalam proses pertumbuhan berbentuk bongkahan bulat berbagai ukuran dimulai dari sebesar bola pimpong hingga bola volly. Mulai awal tumbuh kuncup sampai mekar sempurna, Rafflesia membutuhkan waktu selama dua tahun.

(jhn/utr)

Berita Terkait

Baca Juga