Musim Kampanye Sudah di Mulai, Berikut Tahapan Pilkada Serentak 2018

Musim Kampanye Sudah di Mulai Berikut Tahapan Pilkada Serentak 2018 Ilustrasi

Covesia.com - Masa kampanye pada Pilkada Serentak 2018 saat ini sudah dimlai.Para kandidat calon yang mengikuti kontestasi pada pesta demokrasi rakyat kali ini juga telah mulai melakukan berbagai aktivitas di daerah pemilihan masing-masing. Meski demikian, para kontestan dan tim sukses harus memperhatikan mekanisme yang boleh dilakukan dalam tahapan ini

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) Nova Indramenerangkan, dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 ini tidak terjadi banyak perubahan dari tahapa pada pilkada sebelumnya. Meski demikian para kandidat calon tetap harus memperhatikan batasan dalam berkampanye sebagaimana yang telah diatur oleh KPU.

Indra menjelaskan, ada dua tahapan kampanye yang perlu diperhatikan oleh para kandidat maupun masyarakat tentang kampanye yang boleh dilakukan.

Pertama berupa kampanye terbatas, pada tahapan ini para kandidat calon sudah dapat melakukan pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye, dan/atau kegiatan lain.

Dalam tahapan ini jelasnya, semua APK disediakan oleh KPU dan pemasangannya diserhkan kepada tim sukses masing-masing kandidat.

"Tahapan ini sudah bisa dimulai sejak tiga hari penetapan pasangan calon diumumkan sampai pada tiga hari menjelang hari H pemungutan suara," jelas Nova Indrakepada Covesia.com melalui sambugan seluler, Senin (12/3).

Indra melanjutkan, untuk tahap kedua para kandidat diperkenankan melakukan kampanye terbuka. Kampanye pada tahapan ini bisa berupa rapat-rapat umum, bisa berbentuk debat publik antar Pasangan Calon, dan bisa juga melalui melalui media masa, cetak dan elektronik.

"Tahapan ini dimulai pada14 hari menjelang masa tenang," terangnya.

Berikut tahapan Pilkada Serentak 2018:

8–10 Januari 2018

Masa pendaftaran pasangan calon. Semua calon kepala daerah akan mendaftarkan diri ke KPU Daerah masing-masing.

10-27 Januari 2018

KPU akan melakukan verifikasi pasangan calon, apakah pasangan calon kepala daerah lolos atau tidak untuk maju ke Pilkada 2018.

12 Februari 2018

KPU akan mengumumkan penetapan para pasangan calon kepala daerah.

13 Februari 2018

KPU akan melakukan pengundian nomor urut pasangan calon yang akan berpartisipasi di Pilkada 2018.

15 Februari–26 Juni 2018

Masa kampanye dan debat publik Pilkada 2018.

24–26 Juni 2018

Masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye.

27 Juni 2018

Pemungutan dan penghitungan surat suara di TPS.

28 Juni–9 Juli 2018

Masa rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU.

Selanjutnya penetapan pasangan calon jika tidak ada gugatan terhadap hasil pilkada ke Mahkamah Konstitusi.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga