PBB Butuhkan Rp13,7 Triliun Tangani Pengungsi Rohingya di Bangladesh

PBB Butuhkan Rp137 Triliun Tangani Pengungsi Rohingya di Bangladesh Pengungsi Rohingya (Foto: Antara)

Covesia.com - Pejabat PBB, Minggu (11/3/2018), mengatakan bahwa pihaknya tahun ini membutuhkan dana hampir satu miliar dolar Amerika (sekitar Rp13,7 triliun) untuk memberi makan dan merawat sekitar satu juta pengungsi Rohingya yang tinggal di kamp di Bangladesh tenggara.

Dana sebesar 950 juta dolar Amerika (sekitar Rp13 triliun) untuk upaya bantuan tahun ini tersebut merupakan permintaan yang “sangat sah” mengingat besarnya krisis, ujar koordinator PBB di Bangladesh.

“Ini adalah krisis yang baru dan terus berlanjut. Kebutuhannya sangat besar. Orang-orang ini datang tanpa membawa apa pun. Kami berharap bantuan akan terus berlanjut,” ujar kepala koordinator PBB Mia Seppo kepada AFP.

Permintaan dana tersebut dapat diajukan pekan ini dalam konferensi PBB di Jenewa.

Pada Oktober, beberapa negara menjanjikan dana 345 juta dolar Amerika (sekitar Rp4,75 triliun) sebagai bentuk respons terhadap krisis Rohingya. PBB pada saat itu mengatakan pihaknya membutuhkan dana 434 juta dolar Amerika (sekitar Rp5,97 triliun) untuk merawat pengungsi muslim sampai Februari.

Makanan, tempat tinggal dan perawatan kesehatan masih menjadi kebutuhan yang mendesak bagi Rohingya, yang melarikan diri dari aksi penindakan militer Myanmar di negara bagian Rakhine dalam enam bulan terakhir.

(AFP/utr)

Berita Terkait

Baca Juga