Ini Dia Asal Mula Nama Matahari Departement Store Dibangun Hari Darmawan

Ini Dia Asal Mula Nama Matahari Departement Store Dibangun Hari Darmawan Hari Darmawan

Covesia.com - Hari Darmawan, pemilik Taman Wisata Matahari (TWM), ditemukan tewas di pinggir Sungai Ciliwung, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jenazah pendiri Department Store Matahari ini ditemukan tersangkut batu oleh warga sekitar pada pukul 06.30 WIB, Sabtu (10/3/2018).

Kabar tersebut tentunya meninggalkan duka yang mendalam untuk keluarga, sahabat maupun masyarakat Indonesia. Meski telah tiada, sosoknya seolah selalu terkenang.

Dikutip covesia.com dari Wikipedia, Hari Darmawan adalah seorang pengusaha lokal Makassar yang behubungan dengan produk-produk pertanian.

Dia dilahirkan dari keluarga besar 12 bersaudara. Pada tahun 1950-an usaha keluarganya mengalami kesulitan dan akhirnya bangkrut, sehingga Darmawan bersama orangtuanya harus berjuang keras untuk menjalankan usaha dari nol lagi.

Dengan latar belakang keluarga pedagang seperti ini, menjadikan Hari kecil tumbuh menjadi seorang pemuda yang tekun, ulet, jujur, pantang menyerah, dan ingin selalu menjadi pemenang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, beliau merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan.

Hari Darmawan memang dikenal jenius dalam membangun bisnisnya di bidang Retail. Hal tersebut terbukti dari menjamurnya Matahari Department Store di hampir semua wilayah Indonesia. Karir bisnisnya itu diawali dengan pernikahannya dengan sang istri, Anna Janti.

Hari kemudian membeli toko milik mertuanya sebesar 1 juta rupiah dengan cara mencicil. Toko itu pun kemudian ia beri nama 'Mickey Mouse'. Dilansir dari berbagai sumber, toko Mickey Mouse milik Hari Darmawan dan Anna Janti menjual baju impor dan serta baju buatan istrinya dan kemudian diberi merk MM Fashion.

Penjualan dari toko milik Hari Darmawan cukup baik, mereka memiliki konsumen tersendiri. Namun, toko mereka masih kalah jauh dari pesaingnya, Toko De Zon. Toko tersebut terletak di sebelah toko mereka.

Toko De Zon memiliki pelanggan tetap yang rata-rata adalah pejabat serta orang kaya. Sehingga Hari Darmawan berpikir keras bagaimana bisa seperti Toko De Zion.

Nasib baik sepertinya memang berpihak pada Hari Darmawan. Pemilik toko De Zon pada tahun 1968 dikabarkan mengalami kesulitan keuangan. Ia pun berniat ingin menjual tokonya. Tanpa berpikir panjang, Hari pun bergegas membeli toko besar itu empat tahun kemudian.

Hari Darmawan dan sang istri dengan semangat merenovasi toko itu. Hingga akhirnya pada 15 Desember 1973, ia membuka toko barunya itu dengan nama Matahari.

Namun sebenarnya, dari mana asal usul nama Matahari itu ? Nama Matahari ternyata berasal dari arti kata nama tokonya terdahulu, De Zon. De Zon dalam bahasa Belanda berarti Matahari.

Nama itulah yang kemudian dijadikan oleh Hari Sebagai brand nama yang akhirnya booming.

(sea)

Baca juga: Mengenal Sosok Pendiri Matahari Store Hari Darmawan

Berita Terkait

Baca Juga