Toyota Bangkitkan Sang Legenda Setelah 25 Tahun Tertidur

Toyota Bangkitkan Sang Legenda Setelah 25 Tahun Tertidur Screenshot: Toyota (YouTube)

Covesia.com - Setelah 25 tahun menunggu kehadiran mobil sport legendaris melalui bocoran-bocoran gambar tentang kehadirannya, Toyota Supra, kini hadir pada ajang Geneva International Motor Show 2018. Meski masih mengusung konsep serta menggunakan dressup Toyota Gazoo Racing, namun para pecinta mobil sport telah merasakan kehadiran New Supra akan semakin dekat.

Dikutip covesia.com dari laman Rajamobil, New Supra Concept hadir menggunakan hasil tuning Toyota Gazoo Racing lengkap dengan penampilan versi balap seperti rear wing, splitter, sports-hall-sized diffuser.  Jika kita membayangkan seperti apa New Supra versi produksi masal, kita dapat menghilangkan beberapa aksesoris tersebut serta perubahan desain bumper yang lebih manis namun tetap agresif.

Dilansir dari TopGear, New Supra dikabarkan akan meluncur secara resmi dalam versi produksi pada Detroit Motor Show 2019 mendatang. Seperti rumor yang telah beredar, bahwa New Supra merupakan salah satu proyek gabungan antara Toyota Motor Corporation bersama (BMW). Meski bekerja sama dalam membangun sebuah mobil, namun Toyota mengklaim bahwa bukan berarti memiliki jenis mobil yang sama.

“Mereka (New Supra dan BMW) bukan jenis mobil yang sama,” ungkap Supra Project chief Tetsuya Tada kepada TopGear. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa akan mewariskan Supra yang merupakan sebuah mobil sport murni. New Supra akan memiliki perbedaan dengan BMW Z4, hal ini berbeda dengan kerjasama antara Toyota dan Subaru dalam membangun GT86 dan BRZ.

Tada memastikan bahwa New Supra merupakan mobil sport murni, sementara BMW Z4 memiliki atap soft-top. Dengan kata lain, bahwa New Supra dan BMW Z4 akan sangat berbeda. “Desain eksterior dan interior (red: New Supra) adalah Toyota,” tegasnya.

Setelah memastikan bahwa terdapat perbedaan antara desain eksterior dan interior. Apakah New Supra menggunakan mesin yang sama dengan BMW Z4?

Sejatinya, Supra produksi terakhir menggunakan mesin berkode 2JZ-GTE Twin Turbo dengan 6 silinder segaris. Meski Tada belum mengatakan secara detail mengenai mesin yang akan digunakan oleh New Supra, namun ia mengatakan bahwa tidak akan menggunakan mesin Lexus berkonfigurasi V8. Para pecinta Supra bertanya-tanya, apakah New Supra tetap menggunakan konfigurasi mesin yang sama?

Jika diasumsikan berdasarkan kebutuhan mesin dan tradisi menggunakan konfigurasi mesin 6 silinder in-line turbocharged, maka kemungkinan New Supra menggunakan mesin BMW M3 twin-turbocharged yang mampu memuntahkan daya sebesar 450 hp.  Kami tidak sabar untuk menunggu Detroit Motor Show 2019, untuk melihat wajah New Supra dalam produksi masal.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga