Pengunjung yang Beri Rokok ke Orangutan 'Ozon' Serahkan Diri

Pengunjung yang Beri Rokok ke Orangutan Ozon Serahkan Diri Orangutan kalimantan Ozon (22), yang viral di media sosial akibat pengunjung memberikan rokok, di Kebun Binatang, Bandung, Jawa Barat. (Antara Foto/ Raisan Al Farisi)

Covesia.com - Setelah didera bertubi-tubi dengan berbagai tanggapan di media sosial dan dunia nyata, pengunjung yang memberi rokok ke orangutan di Kebun Binatang Bandung menyerahkan diri secara langsung ke jajaran Polrestabes Bandung.

"Kemarin yang bersangkutan datang ke Polrestabes Bandung menyerahkan diri setelah dia datang ke Kebun Binatang (Bandung) sekitar pukul 10.00 WIB," ujar Kepala Polda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Agung Maryoto, saat menggelar konferensi pers, di Bandung, Jumat (9/3/2018).

Dia mengatakan, saat video itu beredar di media sosial, jajaran dari Satuan Reserse Kriminal Polres Kota Besar Bandung langsung mencari identitas pelaku.

Baca: Kebun Binatang Bandung Laporkan Pemberi Rokok Orangutan ke Polisi

Tiba-tiba, pelaku yang berinisial DJ (27) datang ke Polrestabes Bandung dan menyesali perbuatannya. "Dia menyerahkan diri dan meminta maaf," kata Maryoto.

Kini polisi masih memeriksa DJ yang juga telah dilaporkan pengelola Kebun Binatang Bandung.

DJ terancam hukuman pidana selama tiga bulan karena dianggap telah melanggar Pasal 302 KUHP tentang penganiyaan terhadap satwa. "Masalah ini serius, karena dulu di Taman Safari Bogor juga pelakunya diproses," katanya.

Sementara itu, Kepala Polres Kota Besar Bandung, Komisaris Besar Polisi Hendro Pandowo, mengatakan, meski proses hukum tetap berlanjut, namun DJ tidak ditahan.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga