15 Saksi Kasus Suap Bupati Subang Diperiksa KPK

15 Saksi Kasus Suap Bupati Subang Diperiksa KPK Tersangka yang juga Plt Bupati Subang Imas Aryumningsih (antara)

Covesia.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa 15 orang saksi dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap terkait pengurusan perizinan di Pemerintah Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang melibatkan Bupati Imas Aryumningsih sebagai tersangka.

"Penyidik hari ini memeriksa 15 orang saksi untuk keempat tersangka dalam perkara ini. Pemeriksaan dilakukan di kantor Polres Subang," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Empat tersangka itu antara lain Bupati Subang Imas Aryumningsih, Miftahuddin dan Data alias Darta dari unsur swasta serta Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Subang Asep Santika.

Unsur saksi tersebut berasal dari unsur swasta atau para pengusaha pemohon izin prinsip dan PNS Pemkab Subang.

"Materi pemeriksaaan penyidik terus mendalami pengetahuan para saksi terkait proses permohonan izin prinsip yang diajukan kepada Pemkab Subang, khususnya pada periode Bupati Imas dan mendalami kemungkinan adanya pemberian-pemberian lainnya," ucap Febri.

Dari peristiwa tangkap tangan terkait kasus itu, tim KPK mengamankan barang bukti berupa uang sebesar Rp337,3 juta beserta dokumen bukti penyerahan uang,

KPK menduga Imas bersama-sama beberapa pihak menerima hadiah dari swasta atau pengusaha terkait pengurusan perizinan di lingkungan Pemkab Subang yang diajukan dua perusahaan, yaitu PT ASP dan PT PBM senilai Rp1,4 miliar.

Pemberian suap dilakukan untuk mendapatkan izin membuat pabrik atau tempat usaha di Kabupaten Subang.

(ant/jon)

 

Berita Terkait

Baca Juga