Kebun Binatang Bandung Laporkan Pemberi Rokok Orangutan ke Polisi

Kebun Binatang Bandung Laporkan Pemberi Rokok Orangutan ke Polisi Ozon (22), orang utan Kalimantan (Pongo Pygmaeus) yang saat ini viral di media sosial akibat pengunjung memberikan rokok, di Kebun Binatang, Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018). (Antara Foto/ Raisan Al Farisi)

Covesia.com- Pengelola Kebun Binatang Bandung akan melaporkan kepada polisi tentang pengunjung yang memberi rokok secara sengaja ke orangutan.

"Manajemen sudah memutuskan untuk melaporkan pelaku ke Polrestabes Bandung," ujar Humas Kebun Binatang Bandung, Sulhan Safi'i, di Bandung, Kamis (8/3/2018).

Dia mengatakan, upaya pelaporan itu diputuskan saat rapat internal pengelola Kebun Binatang Bandung. Mereka menganggap, perilaku pengunjung yang secara sengaja memberikan rokok ke orangutan (Pongo pygmaeus) sudah melanggar aturan kesejahteraan satwa.

Rencananya, pengelola Kebun Binatang Bandung akan melaporkan kasus ini pada Kamis sore atau Jumat. Hal ini bertujuan untuk membuat efek jera kepada pelaku itu. Selain itu, menjadi peringatan keras bagi pengunjung lainnya agar tidak melakukan hal-hal di luar ketentuan yang berlaku.

"Kita belum tahu apakah akan melaporkannya siang ini atau besok pagi. Kepala Polrestabes Bandung sudah datang ke sini untuk mendukung apapun keputusan kami," kata dia.

Sebelumnya, beredar video berdurasi satu menit yang memperlihatkan seekor orangutan memungut dan mengisap rokok yang dibuang ke dalam kandang secara sengaja oleh seorang pengunjung.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh pemerhati satwa, Marison Guciano lewat akun Facebook pribadinya. Marison mengatakan video itu ia dapat dari salah seorang relawannya pada Minggu (4/3).

(ant/jon)

Berita Terkait

Baca Juga