Rezim Suriah Kirim Pasukan Tambahan ke Ghouta Timur

Rezim Suriah Kirim Pasukan Tambahan ke Ghouta Timur Pasukan Suriah mengendarai sebuah kendaraan infanteri menuju kota Al-Mohammadiyeh, sebelah timur Damaskus pada 7 Maret 2018. (AFP)

Covesia.com - Ratusan pejuang prorezim lainnya dikerahkan ke garis depan di Ghouta Timur, Suriah, kata kelompok pengamat perang, Rabu (07/03), memperburuk situasi di daerah kantong yang dikuasai pemberontak itu.

“Sedikitnya 700 milisi loyalis Afghanistan, Palestina, dan Suriah datang dari Aleppo dan dikirim ke Ghouta pada Selasa malam,” kata Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Kelompok pengamat perang yang berbasis di Inggris itu mengatakan bahwa bala bantuan dikerahkan ke dua medan pertempuran utama di sisi barat Ghouta Timur, termasuk Kota Harasta.

Tentara Suriah dan milisi sekutu melancarkan operasi pada 18 Februari untuk merebut kembali Ghouta Timur, wilayah terakhir yang dikuasai pemberontak di dekat ibu kota Damaskus.

Mereka sejak saat itu berhasil merebut kembali lebih dari 40 persen wilayah Ghouta Timur dengan dukungan dari serangan udara yang menewaskan lebih dari 800 warga sipil.

Pada Rabu, pasukan pemerintah berada di tepi beberapa kota utama, termasuk Misraba, Beit Sawa, Jisreen dan Hammuriyeh.

Koresponden AFP di Ghouta Timur mendengar pesawat tempur melancarkan serangan di kota-kota yang menjadi medan perang.

Dua bom barel menghantam Al-Rihan, di dekat kota terbesar di Ghouta Timur, Douma.

Serangan terus berlanjut terlepas dari “gencatan senjata kemanusiaan” yang diumumkan Rusia pekan lalu yang bertujuan menghentikan kekerasan di Ghouta Timur dari pukul 09.00 (0700 GMT) hingga pukul 14.00 setiap hari.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga