Moskow Nyatakan Sangat Sulit Memperbaiki Hubungan AS-Rusia

Moskow Nyatakan Sangat Sulit Memperbaiki Hubungan ASRusia Ilustrasi (mwi.usma.edu)

Covesia.com - Moskow pada, Rabu (21/02) waktu setempat, mengatakan akan sangat sulit memperbaiki hubungan Amerika Serikat (AS)-Rusia, yang memburuk ke titik terendah sejak Perang Dingin karena tuduhan campur tangan dalam pemilihan umum dan krisis di Suriah dan Ukraina.

Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov menuduh AS mencoba mencampuri urusan dalam negeri Rusia menjelang pemilihan presiden bulan depan, setelah Washington mendakwa 13 warga Rusia atas dugaan upaya rahasia untuk campur tangan dalam pemilihan umum AS pada 2016.

“Secara paradoks, Amerika bertindak untuk mencampuri urusan internal kami dan memperburuk ketegangan dalam hubungan bilateral menjelang pemilihan presiden” di Rusia pada 18 Maret, kata Ryabkov kepada kantor berita Interfax.

“Meskipun demikian, mereka terus -- tanpa dasar atau bukti -- mencela kami karena tampak mencampuri proses pemilihan mereka,” katanya.

“Tentu saja kami di Moskow menyesali semua ini,” imbuhnya mengenai kemungkinan sanksi terhadap 13 warga Rusia yang didakwa pekan lalu sebagai bagian dari penyelidikan pemerintah federal AS.

“Akan sangat sulit untuk memperbaiki hubungan dengan AS dari keadaan saat ini,” katanya.

Beberapa komisi kongres AS dan jaksa khusus Robert Mueller sedang menyelidiki tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan umum pada 2016 dan kolusi dengan kantor kampanye Presiden Donald Trump.

Moskow telah lama menyangkal keterlibatan pihaknya dalam pemilihan umum AS.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga