Delapan Tentara dan 19 Anggota Al Qaeda Tewas dalam Sebuah Serangan di Yaman

Delapan Tentara dan 19 Anggota Al Qaeda Tewas dalam Sebuah Serangan di Yaman Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Delapan tentara dan 19 terduga anggota Al Qaeda tewas di Yaman pada Minggu (18/02), saat para tentara tersebut melancarkan serangan terhadap pos terdepan para ekstremis itu, kata seorang pejabat militer.

Jenderal Faraj al Bahsani, gubernur Provinsi Hadramawt, mengatakan kepada AFP bahwa tentara sudah menguasai Lembah Mesini di barat Mukalla, sebuah lokasi sentral Al Qaeda di tenggara negara itu.

Mukalla adalah Kota Yaman yang dengan penduduk paling padat di bawah kekuasaan langsung Al Qaeda dari 2015 sampai 2016, ketika tentara dan sekutu militer regionalnya menguasai kota pelabuhan tersebut.

Pasukan khusus yang dilatih oleh Uni Emirat Arab -- pasukan kunci dari aliansi yang dipimpin oleh Arab Saudi yang bertempur bersama pasukan pemerintah Yaman -- pada akhir pekan lalu meluncurkan serangan itu, dengan kode "Al-Faisal," melawan jaringan Al Qaeda di Provinsi Hadramawt yang kaya minyak.

Dua tentara tewas pada Sabtu dalam serangan tersebut, yang menargetkan Lembah Mesini dan Amed -- keduanya berada di Provinsi Hadramawt dan rumah bagi Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

Dua lembah itu sangat penting untuk mengendalikan garis pantai tenggara Yaman.

Lebih dari 9.200 orang tewas dalam perang Yaman sejak 2015, ketika koalisi Arab Saudi bergabung dengan pemerintah dalam memerangi pemberontak Huthi yang didukung oleh Iran.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga