Melonjak di 2017, Utang Rumah Tangga AS Capai 13 Triliun Dolar AS

Melonjak di 2017 Utang Rumah Tangga AS Capai 13 Triliun Dolar AS Ilustrasi (Foto: Antara)

Covesia.com - Total utang yang dimiliki oleh rumah tangga Amerika Serikat (AS) pada 2017 melonjak menjadi lebih dari 13 triliun dolar Amerika (sekitar Rp177,2 kuadriliun), lonjakan tahunan kelima secara berturut-turut, di tengah kelanjutan peningkatan hipotek rumah dan kredit mobil, menurut data yang dirilis pada Selasa (13/2/2018).

Namun, hampir 10 tahun setelah awal krisis keuangan global, dampak runtuhnya pasar perumahan AS masih terlihat di beberapa area di negara itu, ungkap New York Federal Reserve Bank dalam laporan kuartalan mereka.

Kredit dan utang total melonjak 572 miliar dolar Amerika (sekitar Rp7,80 kuadriliun), dan hampir semuanya atau 402 miliar dolar Amerika (sekitar Rp5,48 kuadriliun) disebabkan oleh kenaikan hipotek.

Saldo pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil dan utang kartu kredit semuanya meningkat, sementara jumlah kredit ekuitas rumah adalah satu-satunya kategori yang menunjukkan penurunan, ungkap laporan itu.

Meski total utang rumah tangga tahun lalu melampui puncak yang tercatat di kuartal ketiga 2008, tepat sebelum awal krisis, saldo hipotek masih lebih dari empat persen di bawah puncak.

Namun, data tingkat negara bagian menunjukkan perbedaan cukup besar dengan area yang terkena dampak gelembung properti paling besar.

“Meski harga perumahan membaik, saldo hipotek masih jauh di bawah puncak sebelumnya di beberapa negara bagian yang terkena dampak terberat Resesi Besar,” ujar Donghoon Lee, pejabat penelitian di New York Fed.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga