Tujuh Alasan Kenapa Para Wirausaha Perlu untuk Traveling

Tujuh Alasan Kenapa Para Wirausaha Perlu untuk Traveling Pixabay

Covesia.com - Pernahkah anda terpikir mengapa begitu banyak orang sukses di luar sana yang rela meluangkan waktu dari jadwal padat mereka hanya untuk berjalan-jalan, bertemu orang-orang baru, dan terhubung dengan dunia yang lebih luas?

Pastinya ada alasan logis yang menghubungkan satu titik dengan lainnya, karena traveling ternyata bisa menjadi rangkaian kegiatan yang menantang dan jadi peluang bagi setiap orang untuk belajar dan tumbuh. Dan, bagi setiap kita yang memiliki jiwa petualang, traveling tidak hanya sekedar hobi belaka, namun bisa menjadi cara juga bagi kita untuk meng-eksplor kehidupan.

Maka, tidak terlalu mengejutkan sebetulnya, bahwa banyak riset yang mengindikasikan relasi kuat antara traveling dan kemampuan untuk mencipta dan inovasi. Inilah beberapa alasan, mengapa para wirausaha sangat perlu untuk traveling, dikutip covesia.com dari umkmnews.id:

Kekuatan berkomunikasi

Rata-rata traveler selalu berupaya melakukan identifikasi, paling tidak menggali informasi mengenai destinasi tujuan mereka. Dari mulai mendarat dari pesawat di suatu negara, dan mereka pun tak mampu berbicara dalam bahasa lokal mereka, maka keterampilan berkomunikasi sangatlah penting menunjang agar anda sukses melakukan perjalanan dengan nyaman.

Dalam bisnis, komunikasi adalah salah satu bagian penting yang menunjang keberhasilan, dari mulai bidang pemasaran, hubungan masyarakat, maupun membangun hubungan komunikasi dengan tim internal terkait strategi bisnis.

Belajar adaptasi

Bahkan, seorang Charles Darwin pun setuju bahwa spesies yang mampu bertahan hidup adalah yang paling mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan mereka. Terkadang, melakukan perjalanan atau traveling bukanlah hal mudah mengingat kita hanya memiliki pengetahuan sedikit tentang karakter penduduk lokal dan tempat yang kita kunjungi, meski banyak buku petunjuk yang menjelaskannya.

Jadi, ketika bepergian, secara tak langsung mau tak mau kita harus mengembangkan rasa akan perubahan yang selalu terjadi. Tentunya, dalam bisnis kita pun akan selalu dihadapkan pada perubahan, sehingga diperlukan pembenahan terus menerus terhadap produk dan layanan.

Gaya hidup kreatif

Menjalani bisnis tidak selamanya selalu mendulang keuntungan, semua pebisnis pasti mengetahui bahwa, gaya hidup aktif, fleksibel, dan kreatif adalah masa depan. Ada begitu banyak cara untuk menyelesaikan masalah dan mendorong kreativitas untuk bekerja maksimal dalam periode tertentu. Traveling pun bakal mengajarkan seseorang, untuk memiliki pengalaman unik untuk tumbuh dan belajar dunia baru.

Inovasi

Kita semua tahu bahwa setiap manusia bisa berbuat salah. Ketika anda harus menghadapi kenyataan tersesat di Amsterdam hanya dengan 10 dolar di saku atau berupaya menyelamatkan keuangan perusahaan dan memangkas pengeluaran tak penting, inovasi selalu jadi kunci penentu. Lagi, traveling akan mengajarkan kita untuk memahami tak hanya kondisi ekonomi tapi cerdas mengelola sumber daya.

Belajar mengenal komunitas baru

Traveling merupakan urusan serius. Tentunya, tidak semua orang memiliki kekuatan menghadapi perubahan, sehingga tidak semua orang cocok dengan hobi yang satu ini. Ketika kita sampai pada destinasi tertentu, dan jauh dari budaya kita sehari-hari, mau tak mau kita harus memainkan peran dan identitas baru. Ketika kita mengingat siapa kita, maka di waktu yang sama, kita pun harus membuka hati kita pada orang-orang baru dan budaya baru mereka.

Proses ini pun secara perlahan akan membuat pikiran kita lebih berkembang dan melihat dari sudut pandang berbeda. Sebagai wirausaha, anda pun akan selalu dihadapkan bahkan dtuntut bekerja sama dengan orang-orang dari latar belakang berbeda bukan? Cara ini akan membantu anda memahami pola berpikir mereka.

Komitmen hidup lebih baik

Bagi wirausaha dan traveler, isu yang berkaitan dengan “kesejahteraan” adalah sesuatu yang kerap dianggap keutamaan. Keduanya, memiliki untuk belajar pengalaman baru dan senang invetasi pada sesuatu yang akan menciptakan dimensi baru dalam perjalanan. Mereka juga sama-sama menyukai menciptakan dan menaiki tangga-tangga baru. Traveling, tentunya akan membuat orang berpikir di luar rutinitas mereka dan membuat mereka bertanya tentang hidup dan keputusan. Ini menantang semua orang untuk berubah.

 Kepemimpinan

Terkadang, kita juga bepergian dengan beberapa orang. Pastinya, tidak selalu mudah berhubungan dengan orang-orang dalam kelompok yang lebih besar. Setiap orang memiliki keinginan beda-beda, di tengah kondisi seperti itu, kita mungkin tidak bisa memuaskan semua orang, sehingga sulit mengambil keputusan. Maka, traveling dalam kelompok besar, tentunya akan mengajarkan kita untuk menjadi pemimpin bijak.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga