Fadli Zon: Silahkan Ajukan Judicial Review ke MK Jika Tak Setuju UU MD3

Fadli Zon Silahkan Ajukan Judicial Review ke MK Jika Tak Setuju UU MD3 Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto: Covesia)

Covesia.com - Kontroversi mengenai disahkannya UU MD3 oleh DPR RI dalam sidang paripurna, Senin (12/2/2018) kemarin terus mencuat.

Banyak pihak menilai bahwa UU MD3 melanggar kebebsan rakyat untuk mengeluarkan pendapat dimana empat lembaga itu (MPR, DPD, DPR dan DPRD) dibuat antikritik.

Menanggapi pro dan kotra itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menpersilahkan pihak-pihak yang tidak setuju dengan pasal tertentu dalam UU MD3 untuk mengajukan Judicial Review (uji materi) ke Mahkamah Konstitusi.

“Masih ada saluran bagi pihak-pihak yang menginginkan dilakukan judicial review terhadap pasal-pasal tertentu, meskipun semangat dari pasal tersebut bukan berarti antikritik, tetapi kalau ada penghinaan terhadap lembaga parlemen,” paparnya di Gedung DPRKomplek Parlemen Senayang, Selasa (13/2/2018).

Mengenai UU MD3 dibuat untuk DPR antikritik, Fadli Zon menepis hal itu, menurutnya DPR lembaga yang terbuka terhadap kritik dan memang seharusnya DPR baik lembaga maupun perseorangan harus dikoreksi untuk lebih baik.

“Nah mungkin yang terkait di sini adalah yang menyangkut masalah penghinaan atau fitnah, tapi kalau mengkritik saya kira enggak ada berubah. Dan harusnya juga tidak boleh ada kriminalisasi terhadap kritik, itu posisinya,” tambah Fadli.

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga