Trump Tak Yakin Israel Berdamai dengan Palestina

Trump Tak Yakin Israel Berdamai dengan Palestina Presiden AS Donald Trump (mirror)

Covesia.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dalam sebuah wawancara yang dirilis pada Minggu (11/02) bahwa dia "tidak terlalu yakin" Israel berusaha mencapai sebuah kesepakatan damai dengan warga Palestina.

Trump sebelumnya mengecam warga Palestina karena dia anggap enggan untuk bernegosiasi, tetapi dia menahan diri untuk tidak mengkritik Israel.

Berbicara kepada harian Israel Hayom, Trump mengatakan bahwa meski hubungan AS-Israel "baik," perdamaian dengan warga Palestina akan membuat hubungan itu "jauh lebih baik."

"Saat ini, saya akan mengatakan bahwa warga Palestina tidak ingin berdamai. Mereka tidak ingin berdamai," kata Trump dalam wawancara dengan harian sayap kanan itu.

"Dan saya tidak terlalu yakin bahwa Israel ingin berdamai. Jadi kita hanya perlu melihat apa yang terjadi."

Trump mengatakan bahwa dia berniat untuk membawa warga Israel dan Palestina ke sebuah "kesepakatan akhir" yang dapat menyelesaikan konflik yang sudah berlangsung beberapa dekade, tetapi dalam wawancara itu dia mempertanyakan apakah kesepakatan tersebut dapat dilakukan saat ini.

"Terus terang, saya tidak tahu apakah kita akan melakukan perundingan. Kita akan melihat apa yang terjadi, tetapi saya rasa sangat bodoh bagi warga Palestina dan juga saya berpikir akan sangat bodoh bagi warga Israel bila mereka tidak membuat kesepakatan," kata Trump.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga