AS Bela Israel dan Salahkan Iran Terkait Serangan di Suriah

AS Bela Israel dan Salahkan Iran Terkait Serangan di Suriah Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert? Foto: US Embassy in Uruguay

Covesia.com - Amerika Serikat (AS) mendukung Israel atas serangannya di sasaran Iran di Suriah pada Sabtu (10/2/2018) dan menyalahkan Iran karena meningkatnya eskalasi di negara yang dilanda perang tersebut.

Serangan Israel itu terjadi setelah mencegat pesawat tak berawak (drone) Iran yang memasuki wilayah udaranya dari Suriah, dan menyebutnya sebagai sebuah "serangan."

"AS sangat prihatin dengan eskalasi kekerasan yang terjadi di perbatasan Israel dan sangat mendukung hak berdaulat Israel untuk membela diri," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Heather Nauert dalam sebuah pernyataan.

Menyusul konfrontasi paling serius antara musuh bebuyutan Israel dan Iran sejak perang saudara Suriah dimulai pada 2011, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berjanji untuk mencegah militer Teheran hadir di Suriah.

"Eskalasi ancaman terencana Iran, dan ambisinya untuk memproyeksikan kekuatan dan dominasinya, menempatkan semua orang di wilayah ini -- dari Yaman sampai Lebanon -- dalam ancaman," kata Nauert.

(sea/afp/ant)

Berita Terkait

Baca Juga