Asteroid Seukuran Bus Kota Lintasi Bumi

Asteroid Seukuran Bus Kota Lintasi Bumi Bumi dan Asteroid (Foto: NASA)

Covesia.com - Satu asteroid yang lebih besar dari satu bus kota bergerak di jalur menuju Bumi pada Jumat (9/2/2018) dalam jarak aman, kurang dari seperlima dari jarak bulan ke Bumi menurut Badan Aeronautika dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

"Asteroid sebesar itu biasanya tidak sering melintas sedekat ini ke planet kita – mungkin hanya satu atau dua kali setahun," kata Paul Chodas, manajer Center for Near-Earth Object Studies di Jet Propulsion Laboratory NASA.

Disebut asteroid 2018 CB, batu luar angkasa itu melewati planet kita sekitar pukul 17.30 (2230 GMT) menurut NASA. Jaraknya 64.000 kilometer dari Bumi, yang berarti kurang dari seperlima jarak ke bulan. Asteroid tersebut diperkirakan berukuran antara 15 sampai 40 meter.

"Meski 2018 CB cukup kecil, mungkin ini lebih besar dari asteroid yang memasuki atmosfer di atas Chelyabinsk, Rusia, hampir lima tahun lalu, pada 2013," kata Chodas sebagaimana dikutip AFP.

Asteroid kecil lain dengan ukuran yang tidak jauh berbeda juga melewati Bumi pekan ini. Asteroid 2018 CC melintas pada Selasa pukul 15.00 (2010 GMT) pada jarak sekitar 184.000 kilometer dari Bumi.

Kedua asteroid itu dideteksi para astronom Catalina Sky Survey (CSS) yang didanai NASA di dekat Tucson, Arizona.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga