Ketika Pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara Saling Menyapa

Ketika Pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara Saling Menyapa Saat Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyapa adik Presiden Korea Utara Kim Jong Un yang juga merupakan kepala negara seremonial Korut, Kim Yong Nam di Olimpiade Musim Dingin 2018 (Foto: AFP)

Covesia.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan kepala negara seremonial Korea Utara Kim Yong Nam bertemu dan berjabat tangan pada Jumat (9/2/2018), menjelang upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin.

Kim Yong Nam, yang secara resmi memimpin delegasi diplomatik Pyongyang ke Olimpiade, menemui Moon dalam resepsi para pemimpin menjelang upacara pembukaan di Pyeongchang.

Moon beserta istrinya menerima tamu mereka satu per satu dan kedua pemimpin tersenyum saat mereka berjabat tangan dengan santai.

Kim Yong Nam adalah pejabat tertinggi dari Korea Utara yang pernah mengunjungi Selatan, dan bertemu dengan presiden ketiga Korea Selatan di KTT Utara-Selatan di Pyongyang pada 2000 dan 2007.

Saat bertemu Moon, dia mengenakan lencana di kerah kiri yang bergambar pendiri Korea Utara Kim Il Sung dan anaknya yang kemudian menjadi penerusnya, Kim Jong Il, ayah Kim Jong-un.

Sementara Moon dan istrinya Kim Jung-sook keduanya mengenakan lencana kerah kiri yang bergambar Soohorang, harimau putih maskot Olimpiade Musim Dingin.

Rancangan tempat duduk untuk makan malam yang ditampilkan di televisi Korea Selatan menunjukkan tempat duduk Kim Yong Nam berada di antara ketua Olimpiade Thomas Bach dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres, dan berseberangan langsung dengan tempat duduk Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga ada di antara mereka. 

Namun tidak ada tanda-tanda kehadiran Kim Yo Jong, adik pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang menjadi bagian delegasi Pyongyang.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga