Paus Pimpin Doa Global Atas Membaiknya Amerika-Kuba

Paus Pimpin Doa Global Atas Membaiknya AmerikaKuba Paus Fransiskus (Antara)

Covesia.com - Banyak pihak yang bergembira atas membaiknya hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Kuba.

Tidak terkecuali pemimpin umat katoloik se-dunia juga ikut senang dan memberikan ucapan selamat kepada kedua negara.

Paus Fransiskus memimpin doa global atas dicapainya normalisasi hubungan Amerika Serikat - Kuba yang disambut di Eropa dan Amerika Selatan sebagai langkah bersejarah dan dirayakan di jalanan kota Havana.

Menurut Paus, Vatikan telah memainkan peran sangat penting dalam membawa negara adidaya kapitalis global dan negara pulau nan komunis itu akhirnya bergandengan tangan lagi.

Oktober lalu, Vatikan menyeru Presiden AS Barack Obama dan pemimpin Kuba Raul Castro untuk mengakhiri permusuhan, dengan menawarkan penengah yang membuka jalan bagi solusi yang bisa diterima kedua belah pihak.

Sementara itu, Perdana Menteri Kanada Stephen Harper yang negaranya tak pernah memutuskan hubungan dengan Kuba menyatakan juga berperan dalam normalisasi hubungan AS-Kuba itu dengan menjadi tuan rumah pertemuan rahasia pada 2013. Kanada juga menyambut baik perkembangan terakhir antara kedua negara itu.

Uni Eropa yang menyatakan akan menormalisasi hubungan dengan Kuba, menyebut mesranya lagi AS dan Kuba sebagai titik balik sejarah.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga