Memasuki Puncak Penghujan, Masyarakat Diminta Waspada Bencana

Memasuki Puncak Penghujan Masyarakat Diminta Waspada Bencana Longsor di Kabupaten Solok Selatan, Rabu (10/2/2016) (Foto: Andri Mardiansyah / Covesia)

Covesia.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menilai puncak musim penghujan di tahun 2016 mengalami kemunduran jika di bandingkan 2015 lalu.

Mundurnya musim hujan, kata dia, menyebabkan puncak musim hujan terjadi pada Februari 2016 sehingga banjir, longsor, dan puting beliung berpotensi banyak terjadi bencana pada bulan ini.

"Tahun 2015 itu puncak musim penghujan terjadi pada Januari namun berbeda dengan 2016 yang terjadi pada Februari ini," jelas Sutopo, Rabu (10/2/2016).

Ia menjelaskan adanya pengaruh El Nino menyebabkan jumlah hujan berkurang dan sebarannya tidak merata selama Januari 2016.

"Hujan pada Januari yang lebih kecil menyebabkan kejadian banjir dan longsor pada Januari 2016 menurun dibandingkan Januari 2015, yaitu penurunan kejadian banjir sebesar 43 persen dan longsor 75 persen," katanya.

Sebelumnya diketahui memasuki musim penghujan, bencana banjir dan tanah longsor mulai melanda sejumlah daerah di Indonesia. Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) memprediksi potensi banjir dan longsor masih akan tinggi hingga akhir Februari mendatang.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga