BNPB: Potensi Banjir dan Longsor Masih Tinggi Hingga Akhir Februari

BNPB Potensi Banjir dan Longsor Masih Tinggi Hingga Akhir Februari Banjir yang melanda Kota Solok, Sumatera Barat (Foto: Utari D Rahma Sasmita/ Covesia)

Covesia.com - Memasuki musim penghujan, bencana banjir dan tanah longsor mulai melanda sejumlah daerah di Indonesia. Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) memprediksi potensi banjir dan longsor masih akan tinggi hingga akhir Februari mendatang.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, hal ini disebabkan masih tinggi curah hujan di Indonesia.

"Potensi hujan yang tinggi berpeluang terjadi di sebagian Sumbar, Bengkulu, Lampung, seluruh Jawa, Bali, dan NTB," kata Sutopo dalam konferensi pers penanganan banjir dan longsor di kantor BNPB, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Selanjutnya, kata dia, potensi hujan tinggi juga akan terjadi di Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Papua, dan Papua Barat.

"Sehingga wilayah-wilayah yang mempunyai potensi hujan tinggi itu rawan banjir, longsor, dan puting beliung," ucap Sutopo.

Selanjutnya, kata dia, berdasarkan dari sifat hujan pada Februari, hujan di atas normal akan terjadi di Sumatera bagian barat, sebagian Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

"Dari hasil analisa prakiraan dengan kejadian bencana yang terjadi, di Bangka Belitung masih terjadi sifat hujan di atas normal pada Februari sehingga memiliki potensi terjadi banjir selama bulan ini," tuturnya.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga