Sejumlah Pedagang di Tanah Abang Mengaku Takut Disuntik Vaksin

Sejumlah Pedagang di Tanah Abang Mengaku Takut Disuntik Vaksin Ilustrasi (dok.covesia.com )

 Covesia.com - Sejumlah pedagang di  Pasar Tanah Abang,  Jakarta Pusat  yanga akan divaksinasi Covid-19  mengaku takut, Rabu (17/2/2021), hari ini. 

Beberapa pedagang yang ditemui Suara.com di ruang tunggu titik lokasi vaksinasi Covid-19 mengatakan, ada rasa khawatir yang mereka rasakan jelang disuntik vaksin.  

Salah satunya, Salsa seorang pedagang tas di lantai 5 Blok A Pasar Abang, saat ditemui perempuan berusia 22 ini mengatakan bahwa tubuhnya sedang gemetar. 

"Ini saya lagi gemetaran ini," kata Salsa kepada Suara.com. 

Salsa mengaku rasa khawatir dan takut yang dialaminya, disebabkan informasi bohong yang banyak  beredar di internet terkait vaksinasi Covid-19. 

"Soalnya kan banyak informasi hoaks di luar sana, jadi takut kenapa-kenapa saja sih," ujarnya. 

Namun meski dibayangi rasa takut, Salsa tetap bersedia untuk divaksin Covid-19, dengan harapan bisa terhindar dari wabah global ini. 

Selain Salsa pedagang lainnya juga merasakan ketakutan, seperti yang diungkapkan Bobby. 

"Ada rasa takut, soalnya kan  di luar sana banyak informasi negatif tentang reaksinya," ujarnya. 

Namun pada akhirnya Bobby tetap bersedia, karena sudah menyaksikan Presiden Joko Widodo di suntik vaksin Covid-19. 

"Akhirnya bersedia divaksin, karena ada pelopor Bapak Jokowi yang sudah divaksin terlebih dahulu," ujarnya. 

Meski ada beberapa pedagang yang takut untuk divaksin, tidak sedikit juga dari mereka yang bersikap biasa saja dan bahkan menyambut baik program ini, seperti yang diungkapkan Besslin. 

"Rasa takut tidak ada.  Saya senang, karena dengan vaksin ini saya bisa terhindar dari virus Covid-19," ujarnya.  

Di samping itu terkait banyaknya informasi simpang siur mengenai vaksin Covid-19, Besslin 

mengaku tidak terpengaruh sama sekali. 

"Karena ya kalau mau membuktikan kebohongan informasi itu harus dibuktikan sendiri, dengan mau divakskin," ujarnya. 

Hari ini vaksinasi bagi pelaku usaha di  Pasar Tanah Abang dilaksanakan, menargetkan 1500 pedagang di Blok A untuk hari pertama. Secara keseluruhan dari pedagang di Blok A, B, F dan G sekitar 9.700 orang akan divaksinasi. 

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan mulai melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua dimulai dari Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu. 

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. Maxi mengatakan, pedagang termasuk dalam kelompok profesi yang sangat rawan terpapar Covid-19 dalam kegiatan sehari-hari di pasar, sehingga harus segera divaksin. 

"Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini akan dimulai kepada pedagang pasar yang menjadi pilot project di DKI Jakarta yaitu di Pasar tanah abang pada hari Rabu 17 Februari 2021," kata Maxi dalam jumpa pers virtual, Senin (15/2/2021).

(Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga