SKB 3 Menteri Terkait Seragam Sekolah, Disdik Bukittinggi: Sudah Sesuai Kearifan Lokal

SKB 3 Menteri Terkait Seragam Sekolah Disdik Bukittinggi Sudah Sesuai Kearifan Lokal Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Melfi Abra

Covesia.com - Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Bukittinggi, Sumbar menyikapi Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri terkait keseragaman pakaian sekolah yang dianggap sudah sesuai dengan kearifan lokal.

"Untuk kota Bukittinggi terkait seragam sekolah sejauh ini sudah sesuai dengan kearifan lokal yang ada," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Melfi Abra, Jumat (5/2/2021).

Ia mengungkapkan bahwa SKB 3 menteri mengenai seragam sekolah di Bukittinggi diserahkan kepada masing-masing sekolah untuk mengambil kebijakan.

Sejauh ini sekolah yang ada di Bukittinggi tidak memaksakan bagi agama tertentu untuk menyesuaikan keinginan suatu keputusan.

"Tidak ada ada paksaan bagi agama tertentu untuk mengikuti aturan yang memberatkannya," ungkapnya.

Yang ada, cerita Melfi, ada tenaga kependidikan dan siswa non muslim di Bukittinggi yang tanpa paksaan menggunakan hijab yang menganggap nyaman menggunakannya serta ingin menyesuaikan dengan sekelilingnya.

Terlepas dari itu, sebut Melfi, untuk dunia pendidikan di Kota Bukittinggi tetap mengacu pada SKB 3 menteri dengan artian tidak memaksakan siswa maupun tenaga pendidikan yang mempunyai keyakinan tertentu untuk mengikuti aturan yang memikatnya.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga