Ini Dosis Vaksin Sinovac yang Mulai Disuntikkan di Indonesia

Ini Dosis Vaksin Sinovac yang Mulai Disuntikkan di Indonesia Ilustrasi

Covesia.com - Sejak 13 Januari 2021 lalu, Indonesia sudah mulai melakukan vaksinasi COVID-19 dengan vaksin Corona Sinovac. Indonesia saat ini sudah memiliki 3 juta dosis vaksin Sinovac dan sudah didistribusikan ke 34 provinsi.

Dalam petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi dalam penanggulangan pandemi COVID-19 tersebut menjelaskan tata cara dan teknis pemberian vaksin. Salah satunya terkait dosis vaksin yang akan diberikan pada masyarakat dalam program vaksinasi.

"Dosis dan cara pemberian harus sesuai dengan yang direkomendasikan untuk setiap jenis vaksin COVID-19. Vaksin COVID-19 diberikan melalui suntikan intramuskular (injeksi/suntikan) di bagian lengan kiri atas dengan menggunakan alat suntik sekali pakai (Auto Disable Syringes/ADS)," tulis edaran Kemenkes yang ditetapkan oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dilansir dari Antara, Senin (18/1/2021).

Di dalamnya dijelaskan dosis vaksin Sinovac yang mulai diberikan sejak 13 Januari lalu. Selain dosis untuk vaksin Sinovac, dosis untuk vaksin Corona lainnya seperti Pfizer, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, dan Novavax juga sudah diatur dalam panduan tersebut.

Berdasarkan juknis vaksinasi tersebut, dijabarkan bahwa vaksin Corona akan diberikan sebanyak dua kali dalam rentan jarak penyuntikan selama 14 hingga 28 hari. Terkait dosisnya, rata-rata berkisar antara 0,3 sampai 0,5 mililiter (ml).

Berikut dosis pemberian vaksin Corona untuk setiap jenis vaksin yang detikcom kutip dari juknis Kementerian Kesehatan.

  • Vaksin Sinovac disuntikkan sebanyak dua kali dalam rentan jarak penyuntikan selama 14 hari. Dosis vaksin Sinovac yang diberikan dalam sekali suntik sebesar 0,5 ml.
  • Vaksin Sinopharm disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentan jarak penyuntikan selama 21 hari. Jumlah dosis vaksin Sinopharm yang diberikan sebesar 0,5 ml per dosis.
  • Vaksin AstraZeneca disuntikkan antara 1-2 kali dengan rentan jarak penyuntikan selama 28 hari (jika diberikan dua suntikan). Dosis yang diberikan sebesar 0,5 ml per dosis.
  • Vaksin Novavax disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentang jarak penyuntikan selama 21 hari. Dosis vaksin yang diberikan sebesar 0,5 ml per dosis.
  • Vaksin Moderna disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentan jarak penyuntikan selama 28 hari. Jumlah dosis yang diberikan sebesar 0,5 ml per dosis.
  • Vaksin Pfizer-BioNTech disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentan jarak penyuntikan selama 28 hari. Dosis vaksin Pfizer yang diberikan sebesar 0,5 ml per dosis.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga