Padang dan Pessel jadi Daerah Pertama ''Diberi'' Vaksin, Ini Alasannya!

Padang dan Pessel jadi Daerah Pertama Diberi Vaksin Ini Alasannya Aktivitas vaksinasi COVID-19 sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumbar. Foto: Laila Marni

Covesia.com - Dua daerah di Provinsi Sumatera Barat, mulai besok (Jumat, 15/1/2021) akan menjadi daerah pertama yang diberi vaksin COVID-19 Sinovac di provinsi itu. Sebelumnya, 10 pejabat esensial di Pemprov itu telah disuntikkan vaksin tahap I. 

"Vaksinasi berikutnya di Kota Padang dan Pesisir Selatan. Baru nanti mengikut jadwal kabupaten/kota yang lain. Kenapa kota Padang dan Pessel? Ini sesuai arahan pusat, Padang adalah ibukota provinsi, sementara Pessel daerah yang dekat dengan Padang dan termasuk perbatasan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Arry Yuswandi kepada wartawan, Kamis (14/1/2021). 

Dia mengatakan, vaksin yang dikirimkan sebanyak 36.920. Jika dilakukan dua kali penyuntikan maka terdapat 18 ribuan tenaga kesehatan yang akan divaksin. 

Ditambahkannya, kabupaten/kota lain akan menyusul. di Kota Padang, mulai besok, pencanangannya dilakukan di Puskesmas Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat. 

Dia menambahkan, Sampai saat ini pihaknya tidak mendapat laporan jika ada tenaga kesehatan yang menolak divaksin. 

"Mari menjadi contoh menjadi masyarakat dengan bersedia divaksin," ajaknya.

Namun, katanya, dalam vaksinasi ini tak boleh ada paksaan. "Kita lakukan advokasi dan imbauan untuk mensukseskan ini. 

"Kita harus terus melakukan pencerdasan agar kita keluar dari Covid-19. Jika sudah ada imunitas kita akan lebih terjaga dari pemaparan covid-19," pungkasnya.

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga