Kelola Dana KUR Bank Nagari, Warga Agam Ini Sukses Buka Lapangan Pekerjaan Untuk Petani

Kelola Dana KUR Bank Nagari Warga Agam Ini Sukses Buka Lapangan Pekerjaan Untuk Petani Foto: Istimewa

Covesia.com - Kelola dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan baik, A St Jamaris warga Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat sukses buka lapangan pekerjaan untuk petani.

Sejak mengajukan pinjaman sebesar Rp25 juta KUR di Bank Nagari Cabang Lubuk Basung tahun 2017 silam, petani sekaligus penjual kebutuhan harian ini membeli satu unit mesin perontok gabah dan bersama rekan-rekan mulai menerima jasa panen sekaligus rontok gabah.

"Sebelumnya disini petani panen dan perontok gabah itu berbeda, jadi kita beli mesin perontok gabah, selesai panen gabah lansung kita rontokan," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Senin (23/11/2020).

Menurut St Jamris, untuk saat ini proses panen sudah sangat singkat, sebelumnya untuk panen membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari, namun saat ini hanya satu hari.

"Dulu panen sampai padi bisa dibawa kerumah bisa 3 hari, panen satu hari, dan merontokkan gabah sampai pengipasan bisa dua hari," lanjutnya.

Dalam proses pengerjaan, satu group bisa berjumlah 10 sampai 15 orang, menjelang siang semuanya anggota turun mengarit setelah usai zuhur sebagian mengarit dan sebagian lagi merontokkan gabah dan menjelang sore selesai.

"Untuk tenaga yang dibutuhkan lebih banyak dari sebelumnya biasanya hanya 6  orang sampai 10 orang, kini bisa 15 orang, pekerjaan bisa cepat dan upah yang didapatkan bisa lebih besar," ulas St Jamaris.

Untuk mengikat langganan, St Jamaris juga menyediakan pupuk dan jasa membajak sawah untuk para petani. Petani bisa dulu mengambil pupuk dan membajak sawah, upahnya dibayar saat panen.

(Jhn).

Berita Terkait

Baca Juga