Hebat! Mahyeldi Terpilih Sebagai Walikota Terbaik Nasional dalam Pelayanan Publik

Hebat Mahyeldi Terpilih Sebagai Walikota Terbaik Nasional dalam Pelayanan Publik Mahyeldi Ansharullah

Covesia.com - Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang tengah cuti kembali menerima penghargaan tingkat Nasional. Walikota Padang dua periode itu mendapat penghargaan yang diberikan oleh Televisi Swasta Metro TV dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Metro TV yang ke-20 melalui acara People of The Year 2020 yang diadakan di Grand Studio Metro TV, Kebun Jeruk, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020).

Acara People of The Year merupakan yang kedua kalinya yang diadakan oleh Metro TV dengan memberikan penghargaan kepada figur-figur inspiratif atas kiprah dan sumbangsihnya kepada Indonesia.

Beberapa kategori penghargaan yang diberikan, yaitu Best CEO of The Year, Best Government Officer, Best Social Media Movement of The Year, dan Lifetime Achievement serta People of The Year.

Dalam ha ini Mahyeldi menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah dalam Katergori Best Government Officer of The Year 2020 yang diberikan langsung oleh Metro TV.

Calon Gubernur (Cagub) Sumbar ini mengatakan, penghargaan dari Metro TV ini tentunya bukan milik dirinya pribadi, tetapi penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kota Padang yang dicintai. Karena tanpa do'a dan dukungan dari masyarakat, dia tidak akan mendapatkan semua ini.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Metro TV yang telah memberikan ruang kepada kami di daerah, mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Tentunya, penghargaan ini saya dedikasikan buat masyarakat Padang," ucap Buya Mahyeldi usai menerima penghargaan.

Sementara, Produser Metro TV, Carolina mengatakan, dipilihnya Kota Padang sebagai penerima penghargaan setelah melalui tahapan penilaian yang cukup panjang dan selektif.

"Penganugerahan people of the year merupakan rangkaian peringatan Metro TV ke-20 tahun. Kami hadir memberikan apresiasi bagi para tokoh yang telah berkontribusi pada negeri," ucap Carolina.

Metodologi penjaringan dari 100 nama hingga mengerucut menjadi lima nama. Untuk mendapatkan lima kepala daerah tersebut ada beberapa kriteria yang ditetapkan, di antaranya sosok wali kota yang memiliki kemampuan dalam berinovasi pelayanan publik menjadi kunci terpilihnya kepala daerah terbaik. Hal ini menjadi aspek utama, di samping Indeks Pembangunan Manusia, dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Adapun kualifikasi nomine the Government Officer adalah bukan pejabat sementara (Plt), tidak pernah dipidana atau sedang dalam status tersangka. Dan, menjabat sebagai kepala daerah tingkat II minimal 3 tahun.

Lalu, kepala daerah yang mampu mencapai sasaran pembangunan di tengah pandemi Covid-19. Serta, konsisten dalam memberikan informasi secara terbuka tentang program kegiatan dan aliran dana yang didistribusikan, memiliki inovasi pelayanan publik, dan hasil audit BPK pada 2019 masuk kategori Wajar Tanpa Pengecualian.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga