Panik Akibat Gempa, Salah Satu Pintu di Venue MTQN XXVIII Gedung Serbaguna UIN Pecah Didobrak

Panik Akibat Gempa Salah Satu Pintu di Venue MTQN XXVIII Gedung Serbaguna UIN Pecah Didobrak Tampak pintu kaca di Venue MTQN XXVIII gedung serbaguna UIN Padang yang hancur berantakan, Rabu (18/11/2020)(Foto: Bento Falsos for Covesia)

Covesia.com - Gempa bumi dengan kekuatan M 5,3 yang mengguncang Kota Padang, Rabu siang (18/11/2020) pukul 11.41 WIB, membuat panik sejumlah orang yang berada di Venue MTQN XXVIII di gedung serbaguna Universitas Islam Negeri Padang.

Akibat dari kepanikan itu sehingga merusak salah satu pintu akses keluar dari gedung tersebut, yang terbuat dari kaca hingga hancur berantakan.

Salah seorang crew dokumentasi, Bento Falsos saat dihubungi Covesia mengatakan, ketika gempa terjadi yang cukup keras dirasakan itu, sejumlah orang yang masih di dalam ruangan gedung tersebut berhamburan keluar. Namun salah satu pintu akses terdekat untuk keluar yang merupakan pintu terbuat dari kaca itu susah untuk dibuka.

"Ketika pintu susah dibuka orang yang antri hendak keluar berdesakan, lalu salah seorang panitia yang panik langsung menghantam pintu kaca tersebut hingga pecah berantakan, barulah semua bisa keluar," ungkap Bento Falsos.

Ia menjelaskan sebenarnya pintu itu tidak terkunci, namun pas hendak dibuka ada sebuah bentangan kabel menghambat pintu itu untuk dibuka.

"Saat gempa terjadi kebetulan pas waktu istirahat, jadi yang berada di dalam ruangan hanya panitia pelaksana MTQN XXVII di venue ini," sebutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Sebelumnya Gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,3  kembali mengguncang wilayah Sumatera Barat, Rabu (18/11/2020) pukul 11.41 WIB.

Dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tersebut berpusat si 1.81 Lintang Selatan, 100.34 Bujur Timur atau 57 Km Barat Daya Pesisir Selatan.

Gempa dengan kekuatan M5,3 tersebut berada pada kedalaman 11 Km dari permukaan laut, dan tidak berpotensi Tsunami

BMKG juga menyebutkan, gempa juga dirasakan di Kota Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman II-III MMI, Painan III-IV MMI dan sejumlah daerah lainnya di Sumbar.

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan akibat dari gempa itu.

(don)



Berita Terkait

Baca Juga