Beruang Madu Kembali Dilaporkan Muncul di Kawasan Kelok 44

Beruang Madu Kembali Dilaporkan Muncul di Kawasan Kelok 44 Beruang madu yang terekam oleh warga di Kawasan Kelok 44 beberapa waktu yang lalu. (Istimewa)

Covesia.com - Hewan jenis beruang madu didapati muncul di Kawasan Kelok 44 tempatnya di Kelok 42 Jorong Kuok III Koto, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Hewan dengan nama latin helarctos malayanus tersebut kembali terlihat oleh warga di salah satu pohon durian Minggu (15/11/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

Salah seorang warga Novrizal (28) mengatakan, Berkemungkinan satwa dilondungi itu makan buah durian dan saat melihat ada warga langsung menjauh.

"Melihat ada beruang madu Saya langsung menghindar dari lokasi karena takut diserangnya dan melaporkannya ke BKSDA Agam," ujarnya, Senin (16/11/2020).

Sementara itu Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra mengatakan, menanggapi laporan kemunculan beruang madu ini, pihaknya langsung melakukan indentifikasi lapangan dengan  mencari tanda-tanda keberadaan satwa tersebut dan melakukan wawancara dengan saksi mata yang melihat dan melaporkan.

"Saat ini kita sedang melakukam identifikasi dan mengumpulkan informasi dari masyarakat. Jika ditemukan tanda-tanda, dan bisa mengancam keselamatan warta maka kita akan melakukan upaya evakuasi dengan menggunakan perangkap," kata Ade.

Sebelumnya satwa yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya itu juga pernah dilaporkan muncul di dekat pemukiman warga di Kuok Kelok 35 Nagari Matua Mudiak beberapa waktu sebelumnya.

Namun hasil identifikasi di lapangan lokasi kemunculan beruang madu tersebut berada tidak jauh dari kawasan Hutan Lindung Maninjau, dan sudah kembali ke habitatnya. 

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga