Menag Fachrul Razi Lantik 179 Dewan Hakim MTQ Tingkat Nasional Ke-XXVIII

Menag Fachrul Razi Lantik 179 Dewan Hakim MTQ Tingkat Nasional KeXXVIII Menag Fachrul Razi Lantik 179 Dewan Hakim MTQ Tingkat Nasional Ke-XXVIII, Sabtu (14/11/2020)

Covesia.com - Menteri Agama Republik Indonesia  Fachrul Razi melantik sebanyak 179 orang Dewan Hakim, Dewan Pengawas dan Panitera Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional Ke-XXVIII Tahun 2020 Provinsi Sumatera Barat, di Aula Kantor Gubernur, Sabtu (14/11/2020).

Menteri Agama RI didampingi oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Menteri Agama Periode 2001-2004, Said Aqil Almunawarah dan Wakil Menteri Agama Periode 2011-2014, Nasaruddin Umar.

Pada pelantikan itu, Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA diangkat sebagai Ketua Dewan Pengawas, dan Prof.Dr. H. M. Roem Rowi, MA, sebagai Dewan Hakim dan Panitera MTQ Tingkat Nasional yang ke- XXVIII Tahun 2020 beserta seluruh peserta.

Fachrul Razi dalam sambutannya mengatakan Dewan Hakim bukan unsur pelengkap dalam setiap penyelengaraan MTQ tetapi Dewan Hakim adalah unsur penentu dalam MTQ.

"Pelaksanaan MTQ bukan mementingkan hasilnya siapa yang menjadi juara atau siapa pemenang tetapi harus memperhatikan prosesnya. Dan hal itu ditentukan oleh kwalitas dan objektifitas penilaian dewan hakim," kata Fachrul.

 Ia juga menyebutkan, kepada Dewan Hakim yang baru dilantik pada MTQ Nasional Ke-XXVIII di Prov Sumbar ini, adalah orang-orang pilihan.

"Selain mampu menjalankan tugasnya dengan baik juga sekaligus diharapkan kontribusinya dalam meningkatkan kualitas MTQ yang diselenggarakan pada tahun kali ini," ujarnya.

Dengan penuh harapan MTQ Nasional Dewan Pengawas, Dewan Hakim dan Panitera pada hari ini dilantik supaya dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan penuh komitmen dan amanah .

Lebih lanjut ia juga meminta dewan hakim wajib menaati kode etik perhakiman dan menguasai pedoman perhakiman saat proses berlangsung.

"Semoga Allah SWT memberi bimbingan rahmat dan hidayah kepada saudara-saudara baru saja saya lantik," harap Fachrul.

(ril/ila)


Berita Terkait

Baca Juga