Tahun Ini, Bank Nagari Targetkan Peluncuran Rekening Online

Tahun Ini Bank Nagari Targetkan Peluncuran Rekening Online Kantor Bank Nagari (Ist)

Covesia.com - PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat atau biasa dikenal Bank Nagari tengah menyiapkan teknologi pembukaan rekening online dan ditargetkan tahun ini dapat diluncurkan.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan teknologi pembukaan rekening online dan mudah-mudahan tahun ini dapat digunakan," kata Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra yang di dampingi oleh Sekretaris Perusahaan Bank Nagari Idrianis di Padang, Minggu (8/11/2020).

Ia mengatakan bahwa saat ini program pembukaan rekening secara online tersebut sedang dalam tahap pengembangan oleh kawan-kawan di bagian Teknologi.

"Termasuk apakah kita harus lapor ke Bank Indonesia, karena itu adalah sistem transaksi baru jadi harus dilaporkan juga karena mereka harus melakukan pengecekan dokumen, keamanan data dan semuanya harus kita siapkan," jelasnya.

Menurutnya, sistem pembukaan rekening secara online tersebut adalah suatu keharusan yang harus dimiliki oleh Bank Nagari.

"Bagi saya itu adalah sesuatu yang harus kita punya kalau tidak kita akan terlindas," sahutnya.

"Artinya kita mau tidak mau sebagai tuan rumah di negeri sendiri, Bank Nagari harus mampu bersaing untuk itu, harus mampu menyiapkan diri, harus mampu menyiapkan layanan-layanan digital baru dalam rangka untuk kita semua dan khususnya nasabah," tambahnya.

Kemudian ia mengatakan, apabila pembukaan rekening secara online sudah bisa dilakukan, nasabah nanti bisa buat rekening cukup di handphone saja tanpa harus datang ke Bank, dan bisa dilakukan kapan saja serta dimana saja.

Selain itu, ia mengatakan bahwa saat ini Bank Nagari juga sedang meluncurkan pengajuan kredit secara online dan itu sudah bisa dilakukan sekarang akan tetapi jika menyangkut kredit pasti harus ada dokumen sehingga kadang-kadang perlu juga tatap muka.

"Tapi kalau pembukaan rekening, tidak perlu lagi karena nanti bisa via zoom dan itu bisa diterima oleh otoritas sebagai bentuk kita bertemu, kalau dulu tidak boleh tapi sekarang karena memang kondisinya yang mengharuskan adanya perubahan regulasi," ucapnya.

Selain itu Bank Nagari rencananya juga akan meluncurkan program baru tahun ini yakni Asian Payment Network (APN) yang berarti kartu Bank Nagari bisa dipakai dibeberapa negara di Asia.

"APN itu bisa digunakan di beberapa negara di Asia misalnya seperti Korea, Thailand dan Singapura. Namun karena kondisi pandemi kita belum meluncurkan," jelasnya.

Ia menambahkan bila keadaan sudah mulai normal maka Bank Nagari akan meluncurkan program tersebut.

"Saat ini kita hanya menunggu sampai misalnya pariwisata mulai bangkit lagi, dan Malaysia buka penerbangan lagi ke kita karena target kita untuk meluncurkan produk ini adalah wisatawan dalam rangka mendukung pariwisata di sumbar," ujarnya.

(ril/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga