Ini Alasan Gatot Nurmantyo Tak Hadiri Pemberian Penghargaan oleh Presiden di Istana

Ini Alasan Gatot Nurmantyo Tak Hadiri Pemberian Penghargaan oleh Presiden di Istana Ketua Presidium KAMI Gatot Nurmantyo di Gedung Bareskrim Polri. (Suara.com/M Yasir)

Covesia.com - Mantan Panglima TNI dan juga merupakan salah satu Ketua Presedium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo tidak menghadiri pemberian penghargaan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Republik Indonesia dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (11/11/2020) hari ini.

Meski tidak hadir, Gatot Nurmantyo tetap mendapat penghargaan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Republik Indonesia tersebut.

Alasan Gatot tak mendatangi Istana untuk menerima langsung Bintang Jasa Mahaputera Ardipradana yang diberikan langsung Presiden Jokowi tersebut yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD karena pandemi Covid-19.

"Dalam suratnya apa Gatot Nurmantyo itu menyatakan menerima, menerima pemberian bintang jasa ini, tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan pertama karena ini suasana Covid-19," ujar Mahfud yang dilansir dari Suara.com, Rabu (11/11/2020).

Mahfud menegaskan meski Gatot tak hadir dalam pemberian tanda jas, pihak Istana akan mengirimkan tanda kehormatan Bintang Jasa Mahaputera.

"Nanti dikirim melalui Sekretaris Militer. Beliau (Gatot) mengatakan di sini beliau menyatakan menerima ini, sehingga hanya tidak bisa hadir penyematan," katanya.

Selain Gatot, Jokowi juga memberikan Tanda Jasa dan Kehormatan kepada sejumlah tokoh di Istana.

Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan yakni Bintang Mahaputera Adipradana, Bintang Mahaputera Utama, Bintang Jasa Utama, Bintang Jasa Pratama, dan Bintang Jasa Nararya.

Mereka yang mendapat Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan yaitu para menteri yang pernah menjabat di periode 2014-2019, mantan Kapolri, mantan Panglima TNI, mantan Ketua MK, mantan Kepala Staf angkatan laut, darat, dan udara, hingga tenaga medis yang gugur.

Pemberian Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan berdasarkan Keputusan Presiden nomor 118/TK/TH 2020 tanggal 6 November 2020 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan 

(Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga