Sejarawan LIPI Ungkap Alasan Kenapa Pengajuan Ulama Dijadikan Pahlawan Nasional Sering Ditolak

Sejarawan LIPI Ungkap Alasan Kenapa Pengajuan Ulama Dijadikan Pahlawan Nasional Sering Ditolak Sejarawan dan peneliti LIPI, saat webinar Syeikh Sulaiman Arrasuli via zoom, Sabtu (31/10/2020).

Covesia.com - Syeikh Sulaiman Arrasuli tengah diperjuangkan menjadi pahlawan nasional oleh alumni MTI Candung, keluarga dan pihak lainnya. Namun, untuk mendapat persetujuan tersebut tidaklah mudah. 

Seperti 2 nama ulama yang pernah diajukan untuk jadi pahlawan nasional namun sampai saat ini masih ditolak. Adalah Rahmah El Yunissiah dan  Sayed Idrus. Alasan tersebut karena mereka ikut PRRI. 

"Nama Syeikh Sulaiman Arrasuli juga masuk pada PRRI, ini akan sulit untuk mendapatkan gelar pahlawn tersebut," ungkap Asvi Warman Adam, Sejarawan dan peneliti LIPI, saat webinar Syeikh Sulaiman Arrasuli via zoom, Sabtu (31/10/2020).

Lebih lanjut kata Asvi, Rahmah el Yunissiah memiliki murid yang banyak tetapi juga terlibat PRRI nah ini yang jadi persoalan. Rahmah ditolak karena terlibat PRRI. Tapi ada yang diterima menjadi pahlawan meskipun PRRI yakni M Natsir pada 2008 dan Syafaruddin Prawiranegara 2011. 

Rahmah ditolak oleh TNI karena mereka menganggap PRRI adalah pemberontak, maka caranya adalah harus didekati TNI tersebut, sampaikan yang sebenarnya. Setelah TNI setuju hambatan tinggal di presiden. "Bahtiar Hamzah menghadang presiden dan mengatakan bahwa ada beberapa adalagi pemilihan umum banyak pengagum beliau akhirnya M Natsir diangkat menjadi pehlawan nasional. 

Syafruddin Prawiranegara bisa dijadikan pahlawan nasional akibat momentum 100 tahun syafrudin dilakukan seminar dan kepahlawanan syafrudin di berbagai kota, makalah dan buku jasa syafrudin. Mereka menghadap presiden dn akhirnya diputuskan Syafrudin Prawiranegara menjadi pahlawan nasional. 

"Inyiak candung juga terlibat PRRI, pertimbangan pahlawan nasional persyaratan atau alasan, kedua, kampanye tekanan dan ketiga keadaan peringatan sejarah, keterwakilan dan pemilu. Syeikh Sulaiman Arrasuli adalah Ulama yang karismatis, ada Sirajuddin abas dan perti hubungan ketiga ini tokoh politik yang bisa diajukan, "ungkap Asvi. 

Di akhir Asvi memyarankan untuk mengajukan Syeikh Sulaiman Arrasuli menjadi pahlawan nasional gunakan makalah Taufik Abdullah dan Mestika Zed. 

(ila)




Berita Terkait

Baca Juga