Sudah Ribuan Warga Sumbar yang Tidak Gunakan Masker Ditegur Polisi

Sudah Ribuan Warga Sumbar yang Tidak Gunakan Masker Ditegur Polisi Ilustrasi

Covesia.com - Pada operasi yustisi, dalam rangka mencegah penularan Covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), polisi sudah memberikan ribuan teguran kepada warga yang tidak menggunakan masker. 

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto saat dihubungi covesia.com pada Rabu (14/10/2020).

"Untuk Senin (12/10/2020) kemaren saja dalam satu hari tersebut, teguran lisan yang diberikan ada 5.554 kali," sebutnya. 

Lanjut Bayu, kemudian teguran tertulis sebanyak 283 kali kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker.

"Kami akan terus menggelar operasi yustisi ini untuk mencegah penularan Covid-19 di Sumbar," ujarnya. 

Bayu menyebutkan, operasi yustisi itu digelar bersama personel gabungan dari Polda Sumbar, polres hingga polsek, dan TNI beserta Satpol PP.

"Dalam operasi itu personil juga memberikan imbauan dan penyuluhan kepada masyarakat, terkait pelaksanaan penerapan protokol kesehatan," jelasnya. 

Sedangkan untuk denda administrasi kata Bayu, hingga kemarin pihaknya telah menerapkan denda sanksi administratif dari masyarakat yang melakukan pelanggaran Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Sampai kemarin jumlah denda pelanggar Perda AKB sebanyak Rp800.000,"ucapnya.

Untuk itu, Bayu mengajak agar masyarakat memapatuhi dan selalu menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak dalam beraktivitas dan selalu mencuci tangan.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga