Aplikasi MallSampah di Makassar, Sampah dijemput dan dibeli sesuai Harga Pasar

Aplikasi MallSampah di Makassar Sampah dijemput dan dibeli sesuai Harga Pasar (Foto: Antara)

Covesia.com - Platform digital MallSampah di Makassar,  Sulawesi Selatan, mampu mendaur ulang rata-rata 30 ton sampah per bulan.

Co-Founder MallSampah, Adi Saifullah Putra di Makassar, Rabu(7/10/2020) mengatakan, aplikasi berbasis android untuk mengelola sampah atau limbah plastik itu dalam kurun waktu setahun sudah memiliki 20 ribu lebih pengguna (user) yang tersebar di Kota Makassar dan sekitarnya.

Menurut dia, cukup mengunduh aplikasi MallSampah maka sampah rumah tangga, warung, restoran, hotel hingga industri dapat dijemput di lokasi dan sampahnya akan dibeli sesuai harga pasar.

Selanjutnya sampah yang terkumpul itu dipisahkan antara sampah organik dan nonorganik untuk didaur ulang.

"Karena itu kami terus fokus untuk sosialisasi dan perkenalkan aplikasi Mallsampah ke masyarakat, melalui kerja sama dengan komunitas-komunitas dan kegiatan-kegiatan," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak diantaranya PSM Makassar, Go-food Makassar dan Earth Hour.

Dengan capaian kinerja MallSampah itu,  MallSampah terpilih menjadi salah satu dari tiga penerima hibah (Garantees) dari dua lembaga donor yakni Acora Foundation dan Coca-Cola Foundation.

Kriteria sebagai penerima hibah itu karena memiliki program kolaborasi yang memiliki visi untuk mendorong terbangunnya ekosistem ekonomi sirkular termasuk penggunaan teknologi untuk mendorong terciptanya sistem persampahan dan daur ulang di Indonesia yang lebih baik.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga