Angka Positif Corona Masih Tinggi, Dr Andani: 5 Hal yang Harus Dilakukan Sumbar Saat Ini

Angka Positif Corona Masih Tinggi Dr Andani 5 Hal yang Harus Dilakukan Sumbar Saat Ini Dr. Andani Eka Putra

Covesia.com - Kepala dan penanggungjawab Laboratorium Universitas Andalas, Andani Eka Putra berpendapat ada 5 hal yang harus dilakukan Sumbar akibat meningkatnya angka positif Covid-19 di Sumbar seperti saat ini. 

"Kita harus terus melakukan tes swab, dan perketat perjalanan dari luar seperti Riau dan Medan (Sumatra Utara). Perlu dilakukan pembatasan dulu untuk yang masuk ke Sumbar," ungkap Dr Andani saat melakukan webinar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), Selasa (22/92020).

Hal kedua, katanya, pembatasan yang ketat untuk acara yang ramai seperti pesta perkawinan.

Ketiga, Sumbar harus memperhatikan bagaimana mengatur rumah makan. Sebab rumah makan bisa menjadi sentral penyebar Covid-19 apabila tidak taat protokol kesehatan.

"Selanjutnya, perkantoran, untuk saat ini tidak usah full time, sebagian saja yang bekerja. Di Padang saat ini banyak ditemukan yang terkena itu di cluster perkantoran," jelasnya.

Terakhir, cara yang disarankan Dr Andani ialah Sumbar harus memperkuat manajemen rumah sakit.

"Misalnya di RSUP Dr. M. Djamil, yang harus dirawat di sana adalah yang berat dan berat sekali. Sedang yng lain bisa dirawat di rumah sakit Padang lainnya. Kita fokuskan yang berat itu di RSUP Dr M Djamil," pungkasnya. 

(ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga