Keliling Hampir 350 Nagari di Sumbar, Audy Joinaldy Lihat Banyak Potensi yang Perlu Digerakkan

Keliling Hampir 350 Nagari di Sumbar Audy Joinaldy Lihat Banyak Potensi yang Perlu Digerakkan Audy Joinaldy bertemua insan pers di Kota Payakumbuh. (Foto: Peri Musliadi/covesia)
Covesia.com - Audy Joinaldy, bakal Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar), pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 ini mengungkapkan, banyak potensi yang perlu digerakkan di Sumbar, sehingga bisa memacu percepatan pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat. 

"Itu saya lihat dari kunjungan saya selama dua bulan ini saat sosialisasi atau kampanye, ke hampir 350 nagari di Sumbar," sebut Audy saat pertemuan dengan insan pers di Cafe Kawa Daun, di Kota Payakumbuh pada Minggu (21/9/2020) malam. 

Lanjut Audy yang merupakan Cawagub Sumbar mendampingi Mahyeldi Amsarullah itu, menariknya saat berkeliling tersebut, ternyata memang banyak potensi yang perlu digerakkan di Sumbar ini. 

Dari hasil berkeliling itu, kata Audy, ia dapat ide yang banyak, yaitu untuk dijadikan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Kemudian setelah dieksekusi dan dijadikan program.

Sekali lagi banyak hal yang menarik di Sumbar ini, seperti dari segi pertanian, perikanan, perkebunan, pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Saya sempat mengadakan sebuah kompetisi kecil yang bekerjasama dengan sekolah binis Institut Pertanian Bogor (IPB) serta Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, yaitu kompetisi entrepreneur success challenge. Ternyata banyak sekali proposal binis dari anak muda minang yang sangat menarik," ucap Audy.

Dikatakan Audy, itu buktinya bahwa benar banyak pemuda minang yang memiliki ide dan gagasan tapi belum bisa digali.

"Saya melihat semuanya bukan masalah uang, namun itu karena network atau jaringan, makanya dengan adanya kompetisi entrepreneur success challenge tersebut, mereka diajarkan bagaimana cara memasarkan produk yang bagus, dan diera digital ini apa yang harus diperbuat," ungkapnya. 

Audy menyebutkan, pemuda nantinya akan menjadi penggerak segala hal di Indonesia, termasuk di Sumbar. Karena mereka punya bonus demografi, makanya itu sebagai melenial harus selalu melek dengan perubahan yang terjadi. Jangan sampai terbawa harus yang negatif, dan selalu ambil peluang-peluang yang datang.
 
"Peluang itu datang berkali-kali dalam hidup kita, saya kalau dilewati," ujarnya. 

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga