Sumbar Jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah Indonesia 2020 Regional Sumatera

Sumbar Jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah Indonesia 2020 Regional Sumatera Gubernur Sumbar saat membuka pelaksanaan festival ekonomi syariah indonesia (Fesyar) 2020 regional Sumatra secara virtual di Bank Indonesia, Sumbar, Senin (14/9/2020)(Foto: Laila)

Covesia.com - Sumatera Barat didaulat menjadi tempat pelaksanaan festival ekonomi syariah indonesia (Fesyar) 2020 regional Sumatra yang rutin dilakukan oleh Bank Indonesia semenjak 2017 silam. 

Mengusung tema Penguatan Konektivitas Ekonomi Syariah sebagai Pendorong Ekonomi Regional, pembukaan dilakukan secara virtual. "Ini pertama kali dilakukan secara virtual," ungkap Kepala perwakilan Bank Indonesia provinsi Sumbar Wahyu Purnama A, Senin (14/9/2020).

Lebih lanjut Wahyu mengatakan Fesyar sudah dilaksanakan secara rutin semenjak 2017 di Sumatera, Jawa dan Kawasan Timur. 

"Medan menjadi tuan rumah tahun 2017, Lampung 2018, Palembang 2019 dan Padang 2020. Rencananya akan dilakukan secara fisik di UNP karena Covid dilakukan secara virtual, dari 14 sampai 20 September," imbuhnya. 

Fesyar ini terdiri dari kegiatan utama, syariah ekonomik forum dengan dilakukan seminar online (webminar) dan syariah ekonomik fair yang berupa workshop dan edukasi. Tak hanya itu juga akan diadakan tablig akbar, lomba menarik lainnya. 

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan bahwa Fesyar cocok dengan adat dan budaya di Sumbar. Salah satunya ABS SBK, serta regulasi perda, pergub, peraturan walikota dan bupati seperti kuliner dan wisata halal dan kegiatan lainnya yang mengarah kepada syariah. 

"Fesyar sangat kami dukung,  fesyar juga solusi untuk membangkitkan ekonomi di Sumbar mengurangi pengangguran. Kami apresiasi fesyar ini tidak hanya seremoni tapi solusi bagi kehidupan," ujarnya.

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga