Kenali! Ini Negara Tujuan Ekspor Semen Padang

Kenali Ini Negara Tujuan Ekspor Semen Padang Gedung PT Semen Padang di Indarubg, Padang, Sumatera Barat (Ist)

Covesia.com - PT Semen Padang adalah salah satu anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG yang berdiri pada 18 Maret 1910.

Dengan pengalaman lebih satu abad, PT Semen Padang menghasilkan produk semen yang berkualitas, yang didukung sistem pemasaran terpadu melalui distribusi darat dan laut serta diperkuat pabrik pengantongan, yang tersebar hampir di seluruh area pemasaran untuk memastikan produk selalu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Selama perjalannnya, PT Semen Padang senantiasa melakukan transformasi organisasi melalui langkah-langkah strategis untuk tetap bertahan dan berkembang di tengah kompetisi yang kian ketat, seperti sentralisasi fungsi strategis dalam hal penjualan yang didukung oleh Supply Chain Management (SCM) yang baik, serta pengadaan, distribusi, ekspor semen dan klinker yang berjalan baik.

Terkait ekspor PT Semen Padang, tiga negara menjadi tujuan pemasaran semen kebanggan Urang Awak ini, yaitu Australia, Maldives, dan Srilangka.

Tak hanya semen, PT Semen Padang juga mengekspor klinkler yang merupakan bahan tambahan perekat semen. Banglades menjadi negara tujuan ekpors semen padang selama ini.

Untuk semen, terdapat dua tipe semen yang diekspor, yaitu tipe OPC 52.5N dan tipe OPC 42.5N yang diekspor ke Australia, Maldives dan Sri Lanka.

Selama tahun 2021, PT Semen Padang mengekspor semen ke Australia sebanyak 15.000 MT (Metrik Ton). Ke Maldives sebanyak 84.866 MT, dan Sri Lanka 361.748 MT.

Sedangkan untuk klinker berjumlah lebih dari 1,2 juta MT yang diekspor ke Bangladesh.

PT Semen Padang telah merealisasikan target ekspor semen dan klinker mencapai lebih dari 1,7 juta MT ke pelbagai negara tujuan ekspor mereka selama tahun kemaren. Jumlah tersebut, meningkat dibandingkan tahun 2020, yaitu sebesar 1,5 juta MT.

Group Head of Sales SIG Rahman Kurniawan mengapresiasi kinerja ekspor PT Semen Padang yang telah merealisasikan ekspor semen dan klinker melebihi realisasi tahun 2020. Ia berharap di tahun 2022 ini, PT Semen Padang dapat meningkatkan jumlah ekspor semen dan klinker.

"Mudah-mudahan di tahun 2022 ini, PT Semen Padang sebagai bagian dari SIG, dapat terus meningkatkan jumlah ekspornya. Kalau bisa negara tujuan ekspornya juga bertambah dibandingkan tahun 2021," katanya. 

Ekspor semen dan klinker oleh PT Semen Padang sudah berlangsung sejak 2008. Khusus negara Australia, telah dimulai sejak 2016 dan PT Semen Padang adalah perusahaan semen pertama yang berada di bawah holding SIG yang mengekspor semen ke Australia.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga