Bekingi Tempat Esek-esek, Lima Personel Polda Sumbar Dicopot

Bekingi Tempat Esekesek Lima Personel Polda Sumbar Dicopot Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, saat di Mapolda Sumbar, Selasa (11/1/2022) (Foto: dok.humas)

Covesia.com - Lima anggota Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) mendapat sanksi copot jabatan, hal tersebut karena diduga kuat kelima personel ini membekingi tempat esek-esek berkedok salon dan spa.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, perbuatan personel tersebut diketahui setelah Kepolisian menerima laporan masyararat terkait adanya praktik prostitusi berkedok salon kecantikan di Kota Padang.

Dari hasil operasi yang dilakukan Polda Sumbar barulah terungkap tempat praktek terlarang ini dibekingi petugas bahkan ada yang membekingi lebih dari satu lokasi.

"5 anggota ini inisial EL, N, AM, AN, RN. kelimanya bertugas di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum). Ada perwira dan bintara, dan masih dalam pemeriksaan lebih lanjut oleh Propam Polda Sumbar," katanya saat konferensi pers dengan awak media, Selasa (11/1/2022).

Dikatakan Kombes Stefanus Satake, pencopotan yang dilakukan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa tersebut, mengingat Provinsi Sumatera Barat terkenal dengan falsafah "Adat Basandi Syara' Syara' Basandi Kitabullah". Sehingga tidak pantas praktek tempat esek-esek ini berada di Sumatera Barat.

"Masyarakat Minang sangat religius, sehingga sangat ironi apabila di tengah masyarakat terdapat beberapa tempat yang terdapat maksiat," tegas Satake.

Untuk itu katanya, Kapolda Sumbar akan bersikap tegas, mana kala ada anggota  yang bermain-main maupun membeking terhadap praktik yang menyimpang dengan ketentuan hukum.

"Prinsipnya reward dan punishment akan diberikan oleh Kapolda Sumbar  kepada personel. Kelima orang itu, berpotensi diberi sanksi berupa mutasi ke daerah terpencil atau didemosi atau penurunan jabatan yang diemban sebelumnya," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga