BI Implementasikan Layanan Pembayaran Digital QRIS di Dua Pusat Perbelanjaan Modern di Padang

BI Implementasikan Layanan Pembayaran Digital QRIS di Dua Pusat Perbelanjaan Modern di Padang Pembayaran Digital QRIS sudah ada di dua pusat perbelanjaan modern di Kota Padang (Foto: Doo. Humas BI)

Covesia.com - Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), ASPI dan berbagai pihak terkait terus mendorong perkembangan ekonomi melalui inklusifitas dan layanan keuangan digital. 

Namun kini keuangan digital tak hanya menjadi bagian dari ekonomi namun menjadi salah satu gaya kekinian dengan memberikan berbagai alternative pembayaran kepada konsumen salah satunya melalui scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam melakukan pembayaran. 

Sumatera Barat sebagai daerah yang terkenal dengan perdagangan dan kenikmatan kulinernya, turut mengimplementasikan QRIS, salah satunya melalui piloting program Pasar Tradisional dan Pusat Perbelanjaan Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS (S.I.A.P QRIS). 

Program tersebut merupakan hasil sinergitas antara Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan dengan tujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di sektor perdagangan dan sistem pembayaran.

Diawali dengan launching program S.I.A.P QRIS pada Pasar Kuliner Padang Panjang, kemudian Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Prov. Sumatera Barat kembali bersama dengan pihak manajemen dan PJP melakukan implementasi program S.I.A.P QRIS di Pusat Perbelanjaan Modern yaitu di Basko Grand Mall dan Transmart Padang. 

Kedua pusat perbelanjaan yang terbesar di Padang menjadi suatu barometer bahwa pusat perbelanjaan modern dikota Padang telah siap menerima pembayaran dengan metode memindai QRIS.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Wahyu Purnama, menuturkan digitalisasi pembayaran khususnya melalui QRIS di pasar modern tersebut merupakan langkah tepat yang perlu dilakukan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan handal baik bagi merchant maupun konsumen.

"Volume dan nominal transaksi QRIS di Sumatera Barat terus meningkat. Transaksi QRIS pada Desember 2020 hanya sebanyak 37.875 transaksi dengan total nominal transaksi sebesar Rp3,28 miliar sedangkan bulan Oktober 2021 volume transaksi QRIS mencapai 320.659 transaksi dengan total nominal transaksi Rp13,25 miliar dimana sebagian besar transaksi tersebut berasal dari merchant usaha kecil yg memberikan kontribusi terbesar yaitu sebesar 66% dari segi volume transaksi dan 35% dari segi nominal transaksi," jelas Wahyu, dalam keterangan persnya yang diterima, Rabu (5/1/2022).

Sementara itu General Manager Basko Grand Mall, Roby Wiryawan dan General Manager Transmart, Yudi Siswanto sangat menyambut baik adanya inisiasi program S.I.A.P QRIS yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sumatera Barat. 

“Transaksi pakai QRIS, lebih praktis, mudah, aman dan simple. Cara terbaik untuk sistem pembayaran kita” ungkap Roby. 

Senada dengan Roby, Yudi pun menyambut positif adanya digitalisasi di Transmart.

"Berbagai kemudahan harus kita tawarkan untuk kemudahan konsumen dan mendukung pariwisata serta pemulihan ekonomi," ungkapnya.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga