Rustam Alami Kulit Melepuh Usai Divaksin, Komisi IV DPRD Bakal Panggil Satgas Covid-19 Pessel

Rustam Alami Kulit Melepuh Usai Divaksin Komisi IV DPRD Bakal Panggil Satgas Covid19 Pessel Rustam (53) mengalami kulit menggelupas atau melepuh usai melakukan suntik vaksin pada Rabu (2/11/2021) lalu. (istimewa)

Covesia.com - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bakal memanggil Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 di daerah tersebut, menyusul kasus yang terjadi terhadap Rustam (53) seorang warga Taratak, Kecamatan Sutera beberapa waktu lalu. 

Seperti diketahui, Rustam (53) mengalami kulit menggelupas atau melepuh usai melakukan suntik vaksin pada Rabu (2/11/2021) lalu. Sejak kejadian itu, kini Rustam terpaksa harus terbaring lemah di RSUD M.Zein Painan. 

Ketua Komisi IV DPRD Pessel, Syafril Saputra mengatakan pihaknya bakal memanggil atau mengundang Satgas Covid-19 Pessel, terkait persoalan warga yang terdampak setelah melakukan suntik vaksin. 

"Kita minta kejelasannya, agar permasalahan ini cepat selesai. Dan kita juga akan evaluasi proses pelaksanaan selama menjalankan vaksinasi bagi masyarakat," ungkapnya kepada Covesia.com, Selasa (28/12/2021) melalui telepon seluler. 

Menurutnya, kondisi yang terjadi seperti ini harus direspons dengan cepat dan baik, agar tidak merugikan masyarakat yang ingin disuntik vaksin. 

Kemudian, katanya, dengan adanya kasus tersebut, ia meminta pemerintah daerah harus bertanggung jawab sesuai dengan aturan yang berlaku. 

"Jika ada aturannya kompensasi. Ya, pemerintah daerah harus memberikan kompensasi sesuai dengan regulasi yang ada," tegas politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) itu. 

Ia menambahkan, karena vaksinasi termasuk kewajiban masyarakat. Ia meminta pemerintah daerah wajib memberikannya sesuai kewajiban yang dipenuhi masyarakat itu sendiri. 

"Jangan sampai jawabannya tidak ada kompensasi. Masyarakat kan wajib vaksin. Ya, mereka berhak pula menerima kewajibannya. Apalagi mereka sebagai terdampak," pungkasnya. 

Sebelumnya, Sekretaris Satgas Covid-19 Pessel, Dailipal menyampaikan, bahwa pemerintah daerah hanya menanggung biaya pengobatan dan perawatan rustam selama dirawat di RSUD M. Zein Painan. 

"Kalau untuk tanggungan lain belum ada. Karena pemerintah daerah masih menunggu hasil klinisnya," kata Dailipal.

Sebagaimana diketahui, Rustam yang mengalami kulit menggelupas setalah vaksin tanggal 8 November 2021 lalu. Ternyata, Rustam memiliki riwayat penyakit alergi. 

"Selain alergi, berdasarkan informasi dari dokter yang memeriksa pasien di rumah sakit. Dia juga gula tinggi di atas 400. Sedangkan, ketika vaksin dia tidak menyatakan memiliki riwayat alergi," katanya lagi. 

"Jadi belum tentu ini dampak vaksin. Kita tunggu saja hasil klinis atau KIPI," ujarnya. 

Baca juga: Pemda Pessel Hanya Tanggung Biaya Pengobatan dan Perawatan Warga yang Alami Kulit Melepuh Usai Divaksin

Berita Terkait

Baca Juga