Hadapi Thailand di Final, Witan: Kekompakan Tim Kunci Kemenangan

Hadapi Thailand di Final Witan Kekompakan Tim Kunci Kemenangan Witan Sulaiman saat mencoba melewati pemain bertahan Timnas Singapura di laga leg kedua semi-final Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) (Dok: PSSI)

Covesia.com - Timnas Indonesia akan menghadapi tim kuat Thailand di final Piala AFF 2020. Laga ini akan dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) malam di Stadion Nasional, Singapura.

Menghadapi tim berjuluk 'The Elephant War' itu, gelandang serang Indonesia, Witan Sulaiman mengatakan Kekompak sebuah tim menjadi kunci untuk meraih kemenangan.

Ungkapan dari pemain Lechia Gdansk itu berkaca pada laga Timnas Indonesia saat menyingkirkan tuan rumah Singapura di semi-final, Skaut Garuda lolos dramatis dengan agregat unggul 5-3 berkat kemenangan 4-2 di leg kedua dan imbang 1-1 pada leg pertama.

Namun skuat Garuda membutuhkan perpanjangan waktu serta unggul jumlah pemain pada laga kedua yang penuh dramatis itu.

"Kunci kemenangan kemarin kerja sama tim, kebersanaan kita, kita tak boleh menyalahkan satu sama lain, saling percaya. Kita harus kompak dan kerja sama di setiap pertandingan," sebut Witan dikutip laman PSSI, Senin (28/12/2021).

Singapura bermain dengan 8 orang dalam laga tersebut, setelah tiga pemain mendapat kartu merah. Dua mendapat kartu kuning kedua, dan satu kartu merah langsung. Masing-masih diterima Irfan Fandi (67'), Safuwan aharudin (45'), dan Kiper Hassan Sunny (107').

"Pertandingan itu sangat menarik sekali bagi saya. Kita di babak pertama unggul menit awal, terus mereka membalas dan mendapat kartu merah. Di babak kedua, kita terus kemasukan gol, setelah itu kita samakan kedudukan. Sempat ada penalti juga mereka. Mental kita naik turun," kata Witan.

"Pesan saya untuk suporter, terima kasih mendukung dan doakan kami. Terus dukung dan doakan kami di partai final nanti, semoga kita bisa juara," harap gelandang 20 tahun itu .

Sementara Thailand lolos ke final usai menyingkirkan Vietnam di semi-final. The Elephant War lolos dengan keunggulan agregat 2-0, menang 2-0 di leg pertama dan bermain imbang 0-0 pada leg kedua.

Laga final besok bagal menarik, Thailand terkenal dengan tim pertahanan kokoh karena hanya ke bobolan satu kali sepanjang pergelaran Piala AFF 2020. Sementara, skuat garuda merupakan tim paling produktif dalam membobol gawang lawan, 18 gol telah ditorehkan dari awal laga hingga semi-final.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga