Tidak Membuahkan Hasil, BKSDA Pindahkan Perangkap Harimau Sumatera

Tidak Membuahkan Hasil BKSDA Pindahkan Perangkap Harimau Sumatera Petugas BKSDA Agam, Sumatera Barat tengah berupaya memindah perangkap harimau sumatera yang masuk ke pemukiman warga (Ist)

Covesia.com - Satu perangkap untuk menangkap Harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) yang masuk ke permukiman warga di Maua Hilia, Jorong Kayu Pasak Timur, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam dipindahkan.

Kepala Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Agam, Ade Putra mengatakan, pihaknya bersama masyarakat setempat memasang 2 unit perangkap di perkebunan sekitar.

Namun, tiga hari terakhir pemasangan belum membuahkan hasil, sementara itu satwa itu dilindungi tertangkap kamera mengarah ke jalan dan masuk ke perkebunan milik warga.

Dari hasil observasi petugas, jejak satwa dilindungi Undang-undang 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya itu ditemukan berjarak 700 meter dari salah satu perangkap.

"Kedua kandang jebak itu dipasang dengan jarak sekitar 400 meter. Harimau itu sempat terekam kamera jebak yang dipasang dekat kandang pada Jumat (24/12) dini hari. Jadi satu jebakan kita pindahkan," ujarnya.

Guna memastikan kondisi pihaknya selalu melakukan pemantauan setiap hari. BKSDA Agam menghimbau warga untuk waspada, jangan mengingat ternak jauh dari pemukiman serta tidak pergi ke kebun sendirian.

"Untuk mengetahui Perkembangan Kandang jebak kita pantau setiap pagi dan sore. Mudah-mudahan harimau masuk perangkap dalam waktu dekat. Masyarat harus tetap waspada," katanya.

(Jhn)

Berita Terkait

Baca Juga