Dispar Sumbar Terbitkan SE Antipasi Kerumunan Saat Nataru, Salah Satunya Wajib Punya Aplikasi PeduliLindungi

Dispar Sumbar Terbitkan SE Antipasi Kerumunan Saat Nataru Salah Satunya Wajib Punya Aplikasi PeduliLindungi Antisipasi Lonjakan Covid-19 Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2022 - Ilustrasi Natal [shutterstock]

Covesia.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Sumatera Barat mengeluarkan Surat Edaran sekaitan antisipasi aktivitas dan mobilitas masyarakat saat Natal dan Tahun baru (Nataru) 2022.

Dalam surat yang bernomor 556.1/1346/DISPAR-PEM/XII-2021, Kepala Dispar Sumbar, Novrial meminta meminta kepala daerah untuk mempedomani instruksi dari mendagri terkait pencegahan covid-19 saat nataru. 

Ada 6 poin utama yang perlu diperhatikan kepala daerah baik bupati ataupun Walikota untuk antisipasi penyebaran covid-19 saat Nataru, Salah satunya wajib instalasi aplikasi PeduliLindungi di hotel, restauran dan tempat wisata.

Pertama, mempedomani Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun baru. 

Kedua, memastikan penerapan SOP (Standard Operating Procedure) terkait protokol kesehatan, daya tampung, serta Tim Pemantau di setiap objek wisata berbayar di wilayah masing masing:

Ketiga, agar dapat berkoordinasi dengan Satgas covid-19 setempat untuk melakukan pemantauan secara intensif terhadap objek wisata tidak berbayar / terbuka / milik masyarakat di wilayah masing-masing.

Keempat, memberlakukan larangan bagi iven dalam ruangan maupun luar ruangan yang menimbulkan kerumunan;

Kelima, pemakaian aplikasi Pedulilindungi di Hotel / Restoran / objek wisata berbayar;

Keenam, monitoring kapal wisata antar-pulau bagi Kabupaten/Kota yang berada di wilayah geografis kepulauan /kelautan.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga