Shin Tae-yong Sebut Mental Timnas Indonesia Lebih Kuat dari Vietnam

Shin Taeyong Sebut Mental Timnas Indonesia Lebih Kuat dari Vietnam Timnas Indonesia kontra Vietnam dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2020) berakgir dengan kedudukan imbang tanpa gol (Dok: PSSI)

Covesia.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan mental anak didiknya lebih kuat dari pemain Timnas Vietnam. Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan setelah hasil seri yang diperoleh Evan Dimas dkk saat jumpa tim berjuluk 'The Golden Star' itu.

Hasil kaca mata sudah cukup bagi Shin tae-yong, mengingat Vietnam merupakan salah satu tim terkuat di Piala AFF 2020.

"Sebelum laga saya memang bilang kalau tidak menang, paling tidak harus seri. Vietnam tim terbaik kalau dilihat dari sisi kemampuan, kita kurang dari Vietnam. Namun dari sisi mental kita lebih kuat dan pemain melakukan pekerjaan dengan baik. Saya senang," ucap Shin Tae-yong dikutip laman PSSI, Jumat (17/12/2021).

Hasil ini membuat Indonesia tetap di posisi pertama dengan tujuh poin. Jumlah poin sama dengan Vietnam, namun Indonesia unggul selisih gol.

Dalam laga kontra Vietnam, Shin Tae-yong memainkan tiga pemain bertahan. Dirinya menjelaskan bahwa itu merupakan bagian dari strategi untuk meredam agresivitas permainan Vietnam.

"Memang kami menggunakan tiga bek secara sengaja. Karena pemain nomor 19 (Nguyen Quang Hai) dan 10 (Nguyen Cong Phuong) sangat baik dalam pergerakan," ungkap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Rasa puas juga disampaikannya atas performa baik pemain muda timnas Indonesia. Ia menyatakan ada 6-7 pemain yang dimainkan hari ini.

"Sampai saat ini para pemain mengikuti filosofi sepak bola saya. Kemampuan para pemain juga semakin meningkat. Para pemain berusaha memahami takti, saya bangga dan percaya tim ini semakin lama semakin baik," tukas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia menghadapi Malaysia, pada laga terkahir Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Minggu (19/12) mendatang.

Sedangkan, Vietnam menantang Kamboja di Bishan Stadium, pada hari dan jam yang sama.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga