KKP Sumbar Minta yang Belum Vaksin Tidak Bepergian Selama Nataru

KKP Sumbar Minta yang Belum Vaksin Tidak Bepergian Selama Nataru Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan KKP Provinsi Sumatera Barat, Akmal Hidayat (Foto: Laila/Covesia)

Covesia.com - Natal 2021 dan tahun baru 2022 semakin dekat. Biasanya masyarakat banyak memilih untuk keluar daerah sekadar liburan. 

Namun demikian, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan KKP Provinsi Sumatera Barat, Akmal Hidayat meminta masyarakat yang belum vaksinasi untuk tidak bepergian dulu apalagi saat nataru. 

"Yang belum vaksinasi jangan bepergian dulu, atau ditunda dulu. Karena sesuai peraturan satgas yang diizinkan untuk bepergian adalah mereka yang sudah vaksin dua kali dan melakukan tes PCR, dan antigen sebelum berangkat," ungkapnya saat ditemui di BIM, Kamis (16/12/2021). 

Dikatakan Akmal mereka yang mau berangkat diperiksa kelengkapan persyaratannya sesuai aturan di pusat. 

" Kita juga lihat riwayat perjalanan, kalau ada pelaku pejalan di wilayah terdeteksi covid, kita tracing dan pantau status kontaknya," ujarnya. 

Dia juga mengatakan untuk masyarakat yang berbergin di Indonesia tidak dilakukan isolasi atau karantina. Sementara hal itu dilakukan untuk mereka yang di luar Indonesia. 

Sementara untuk kasus rujukan ada aturan tersendiri. Orang sakit dan rujukan dari rumah sakit pemerintah tidak. 

"Tidak ada pembatasan yang dilakukan, warga dihimbau terkait kartu vaksinasi baik melakukan perjalanan darat  laut, dan udara," ujarnya.

Hasil tes covid pcr atau antigen dan masuk ke aplikasi peduli lindungi. Agar tidak menumpuk dipastikan vaksinasi dilakukan.

Pihaknya juga melakukan pelayanan pada penumpang, layanan kesehatan, rujukan ambulans, gawat darurat dan layanan vaksinasi ada penambahan.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga