Di Sumbar, Kota Sawahlunto Perdana Lakukan Vaksinasi pada Anak Usia 6-11 Tahun

Di Sumbar Kota Sawahlunto Perdana Lakukan Vaksinasi pada Anak Usia 611 Tahun Ilustrasi (Anggoma/Covesia)

Covesia.com - Pemerintah terus menggencarkan vaksinasi terhadap masyarakat guna mencapai herd imunity. Bahkan pemerintah pusat juga melebarkan cakupan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun. 

"Kemarin se Indonesia serentak melakukan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun. Namun di Sumatera Barat hanya satu kota yang ikut melakukan vaksinasi terhadap anak, yakni Kota Sawahlunto," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi saat dihubungi, Rabu (15/12/2021). 

Lebih lanjut Arry mengatakan Kota Sawahlunto sebagai wilayah perdana yang menerima suntikan sebab dinyatakan layak oleh pemerintah pusat. 

"Cakupan vaksinasi Kota Sawahlunto sudah sesuai target, yakni untuk dosis pertama dari data terakhir sudah di angka 85, 01 persen," jelasnya. 

Diketahui untuk vaksinasi anak 6-11 tahun tahap pertama akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten, kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen. 

Sementara untuk Kota Padang belum dilakukan vaksinasi anak karena capaian lansia belum terpenuhi, walaupun capaian dosis satu vaksinasi sudah berada di angka 72 persen.

Capaian vaksinasi untuk lansia di Kota Padang baru di angka 42 persen dari target 60 persen.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga